Gunung Ile Lewotolok Hari Ini dan Warga Diminta Mewaspadai Gas Beracun Akibat Letusan Gunung Merapi

- 17 Juni 2022, 20:37 WIB
Gunung Ile Lewotolok yang meletus hari ini.
Gunung Ile Lewotolok yang meletus hari ini. /YouTube Gembok Nusantara

PRIANGANTIMURNEWS - Warga lereng gunung merapi Ile Lewotolok diminta Waspada warga lereng gunung api Ile Lewotolok Kabupaten Lembata NTT diminta mewaspadai gas beracun yang dihasilkan akibat letusan Gunung Merapi.

Hal tersebut disampaikan kepala pos pemantau gunung api Vega gile monolog sense laut searah yang menanggapi keluhan warga yang merasakan aroma belerang yang menyengat selama beberapa hari belakangan.

Karakteristik gas SO2 jelasnya berbau busuk dan mendengar untuk itu masyarakat wajib mengenakan masker dan penutup hidung jangan lupa dibasahi pakai air bersih sedikit.

Baca Juga: Jokowi:Pemerintah Kesulitan Cari Peserta Vaksinasi Booster

Sambil mencari tempat yang aman hujannya ia juga mengingatkan warga setempat tidak mendekati kawah aktif saat mendung atau hujan apalagi menginap.

Kami juga meminta untuk menyebarkan berita hoax dan menciptakan isu-isu yang tidak bertanggungjawab masyarakat yang cerdas adalah setiap orang membangun kesiap siagaan berawal dari rumahnya sendiri.

Stanislaus menambahkan hingga saat ini status Gunung Api Lewotolok masih level 3 siaga masyarakat disekitar diminta agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak radius 3,5 km untuk sektor tenggara radius 40 km Timur dan timur laut.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Gembok Nusantara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x