Mulai 1 Agustus 2022, Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Jadi Rp 3,7 Juta

- 30 Juni 2022, 15:14 WIB
Potret komodo yang ada di Taman Nasional Pulau Komodo /Instagram/@mnctvnews //
Potret komodo yang ada di Taman Nasional Pulau Komodo /Instagram/@mnctvnews // /

PRIANGANTIMURNEWS- Wisatawan Taman Nasional Pulau Komodo diharuskan membeli tiket masuk secara online yang mulai tanggal 1 Agustus 2022. Kabar ini disampaikan langsung oleh Koordinator Pelaksanaan Program Konservasi di Taman Nasional Komodo Carolina Noge.

Menurut Carolina, peraturan yang mengharuskan pembelian tiket online menuju Taman Wisata Nasional Pulau Komodo ini berdasarkan aturan baru yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.dia juga menyebutkan ada pembatasan jumlah kunjungan setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya tampung dan daya dukung di seluruh kawasan konservasi Pulau Komodo.

“Pembatasan jumlah pengunjung kurang lebih 200 ribu pertahun dengan sistem manajemen kunjungan berbasis online yang akan mulai berlaku pada tanggal 1 agustus 2022.” Ucap Koordinator Pelaksanaan Program Konservasi Carolina Noge.

Baca Juga: Satu Zulhijjah 1443 Hijriah Jatuh Pada Jumat 1 Juli 2022

Di samping itu juga sistem tersebut akan diterapkan sebagai upaya pembatasan jumlah pengunjung yang datang sekaligus juga tindakan konservasi Taman Nasional Komodo. Dalam hal ini Pemerintah masih terus melakukan uji coba terkait dengan sistem yang akan diterapkan. Ditambah juga untuk mengatur kunjungan wisatawan dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo.

Carolina juga menambahkan, harga tiket saat ini ditetapkan sebesar Rp 3,75 juta per orangnya selama setahun. Sedangkan berdasarkan dengan hitungan dan hasil dari rekomendasi kajian, biaya konservasi itu sebagai kompensasi dari adanya kunjungan wisatawan yang berkisar antara Rp 2.943.730 sampai dengan Rp 5.887.459.

Sementara Kepala Kajian Daya Tampung Daya Dukung Taman Nasional Komodo Irman Firmansyah mengatakan bahwa langkah yang dilakukan pemerintah terkait pembatasan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo berguna untuk menjaga hewan endemik dan ekosistem alam di sekitaran Pulau Komodo.***

Editor: Galih R

Sumber: Instagram @mnctvnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x