Kok Diblokir Semua, Gimana Nasib Mereka? Fakta PSE dan Tagar Blokir Kominfo Yang Ramai Dimedsos

- 5 Agustus 2022, 07:42 WIB
Ilustrasi beberapa platform yang akan diblokir Kominfo salah satunya Paypal
Ilustrasi beberapa platform yang akan diblokir Kominfo salah satunya Paypal /Tangkapan layar Youtube Daftar Populer/


PRIANGANTIMURNEWS - Pemerintah bikin seluruh warga negara Indonesia meriang Bagaimana tidak Kementerian komunikasi dan informasi atau Kominfo memutuskan memblokir sejumlah situs yang tidak terdaftar ke PSE.

Spontan hal ini membuat media sosial ramai dengan hastag dan tagar blokir Kominfo, PSE ini adalah kepanjangan dari penyelenggara sistem ini atau pihak yang mengadakan atau memberi layanan Platform Digital.


Misalnya YouTube yang mana induk YouTube adalah Google atau produk dari Google nah pihak Google inilah yang dimaksud sebagai PSE yang wajib mendaftarkan berbagai layanan seperti YouTube maps atau Gmail.

Aturan tentang PSE ini dimuat dalam perkom info tahun 2021 tentang PSE lingkup private dalam aturan tersebut seluruh PSE harus mendaftarkan diri hingga batas 20 Juli 2022 jika tidak maka seluruh PSE yang melawan akan terancam diblokir.

Baca Juga: Keutamaan Surat Yusuf Ayat 4, Khasiat dan Tata Cara Amalan Hingga Muhasabah Cinta

Tapi pendaftaran PSE ini tidak semudah yang dibayangkan situs PSE Kominfo tempat bagi penyelenggara sering down.

Menyinggung kembali soal Google juga mengherankan karena nama Google sendiri belum kelihatan hingga batas pendaftaran selain Hanya dua entitas yang sudah terdaftar yakni Google cloud dan Google ADS.

Ternyata yang jadi malah Google ini terdaftar di Sumedang hal ini jadi bukti kalau verifikasi yang dilakukan belum matang.

Juga penelusuran seorang content Creator di tiktok Fany Rush memberikan fakta yang lebih aneh situs Kominfo ternyata menggunakan PSE yang tidak terdaftar seperti incapsula yang berasal dari Amerika.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Youtube Daftar Populer


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x