Resmi! BPOM Berikan Izin Vaksin Inavac digunakan Untuk Booster

- 22 November 2022, 10:10 WIB
Resmi! BPOM Berikan Izin Vaksin Inavac digunakan Untuk Booster
Resmi! BPOM Berikan Izin Vaksin Inavac digunakan Untuk Booster /BPOM

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memberikan izin edar atau izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Inavac untuk digunakan sebagai booster atau dosis ketiga.

Vaksin ini bisa digunakan untuk dewasa usia 18 tahun ke atas dengan interval atau jarak suntik 6 bulan setelah divaksinasi primer.

Vaksin besutan Universitas Airlangga (Unair) tersebut digunakan untuk vaksin booster heterolog dengan primer vaksin Sinovac.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn Hari Ini Selasa 22 November 2022, Lakukan Segala Sesuatu dengan Sprotif dan Ramah

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, izin edar ini terbit setelah pihaknya menerbitkan EUA vaksin Inavac sebagai vaksin primer dua dosis untuk dewasa usia 18 tahun.

"Dengan disetujuinya EUA vaksin Inavac untuk digunakan sebagai vaksin booster, maka semakin menambah alternatif vaksin booster untuk dewasa usia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksinasi primer menggunakan vaksin Sinovac,” kata Penny.

Vaksin Inavac merupakan vaksin COVID-19 yang dikembangkan sepenuhnya di dalam negeri dengan menggunakan platform vaksin inactivated virus.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel dengan Mudah

"Profil keamanan pemberian booster heterolog Vaksin Inavac serupa dengan profil keamanan pada vaksinasi primer. Tidak ada jenis efek samping baru yang dilaporkan pada pemberian booster Vaksin Inavac dibandingkan terhadap pemberian dosis primer Vaksin Inavac," tambah Penny.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: BPOM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x