Gunung Berapi Semeru Meletus 2.000 Penduduk Desa Dievakuasi

- 4 Desember 2022, 20:01 WIB
Potret Awan Gunung Berapi Semeru
Potret Awan Gunung Berapi Semeru /Instagram @indoflashlight/

PRIANGANTIMURNEWS - Sebuah Gunung berapi meletus pada hari Minggu 4 Desember 2022 memuntahkan awan Abu 15 km ke langit dan memaksa evakuasi hampir 2.000 orang, kata pihak berwenang, saat mereka mengeluarkan peringatan tertinggi untuk daerah di timur pulau Jawa.

Tidak ada laporan segera tentang korban dari letusan Gunung berapi Semeru dan Kementerian Perhubungan Indonesia mengatakan bahwa tidak ada dampak pada perjalanan udara tetapi pemberitahuan telah dikirim ke dua bandara regional untuk kewaspadaan.

"Sebagian besar jalan ditutup sejak pagi ini dan sekarang hujan abu vulkanik menutupi pemandangan gunung," kata relawan masyarakat Bayu Deny Alfianto.

Semeru, gunung tertinggi di Jawa, meletus tahun lalu menewaskan lebih dari 50 orang dan membuat ribuan orang mengungsi.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Bayar Utang DBH 28 Miliar!? Anne Ratna Mustika Sebagai Pemimpin Harusnya Malu!

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) mengatakan 1.979 orang telah dipindahkan ke 11 tempat penampungan dan pihak berwenang telah membagikan masker kepada warga.

Letusan dimulai pada pukul 2.46 pagi waktu setempat dan upaya penyelamatan, pencarian, dan evakuasi sedang berlangsung.

Gumpalan abu gunung berapi mencapai ketinggian 15 km, kata Badan Meteorologi Jepang, yang awalnya waspada terhadap kemungkinan gunung berapi tersebut dapat memicu tsunami. Itu kemudian mengesampingkan hal itu.

Letusan, sekitar 640km timur ibukota, Jakarta, mengikuti serangkaian gempa bumi di barat Jawa, termasuk satu bulan lalu yang menewaskan lebih dari 300 orang.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x