Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Bangkitkan Tsunami Sampai Jepang? Cek Faktanya!

- 6 Desember 2022, 06:30 WIB
Potret Awan Gunung Berapi Semeru
Potret Awan Gunung Berapi Semeru /Antara Foto/

PRIANGANTIMURNEWS- Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur dikabarkan dapat membangkitkan tsunami hingga ke Jepang.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari memberi penjelasan terkait kabar yang beredar tersebut.

Muhari mengatakan letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak akan menyebabkan tsunami.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia Kembali Digelar, Ini Tanggapan Pelatih Timnas Shin Tae-yong

Pascaluncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru pada Minggu, 4 Desember 2022 dini hari kemarin, beredar kabar bahwa letusan Gunung Semeru dapat membangkitkan tsunami hingga ke negara Jepang.

“Ada beberapa alasan kenapa berita tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan, antara lain, Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut sehingga potensi letusan /pyroclastic/partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami,” ungkapnya,

Dijelaskannya, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa, jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik.

Baca Juga: PSSI Belum Izinkan Suporter Beri Dukungan Langsung Tim Kesayanganya di Stadion

Sehingga, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Instagram @statusfakta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x