Simak! 7 Himbauan BMKG, Agar Warga Bersiap Menghadapi Cuaca Ekstrem

- 31 Desember 2022, 09:35 WIB
Himbauan BMKG bagi warga yang akan menghadapi cuaca ekstrem.
Himbauan BMKG bagi warga yang akan menghadapi cuaca ekstrem. /Instagram/@infobmkg/

PRIANGANTIMURNEWS- Menjelang tahun baru 2023, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem berupa curah hujan yang lebat dan gelombang air pasang yang tinggi di beberapa titik. Salah satunya Jabodetabek dan Jawa Barat.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam press release yang dilakukan oleh BMKG beberapa hari lalu dan diposting dalam akun instagram resmi milik BMKG @infobmkg menjelang tengah malam di hari Jum’at, 31 Desember 2023.

Dalam penyampaian tersebut menegaskan bahwa cuaca ekstrem disertai gelombang tinggi akan memasuki tahap awal pada 30 Desember 2022 – 5 Januari 2023, terdampak daerah Jabodetabek dan Jawa Barat. Serta waspada tiga hari mulai 30 Desember – 1 Januari 2023 yang diperkirakan curah hujan meningkat.

Baca Juga: PDIP Siap Umumkan Capres! Hasto: Harus Sesuai Nafas Kepemimpinan Kader PDIP Sebelumnya

Namun, ternyata kondisi cuaca dengan intensitas curah hujan tinggi ternyata akan terus berlanjut, sampai bulan Februari 2023, laporan tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi Pers secara daring di Jakarta, pada Kamis lalu. 

"Puncak musim hujan secara umum diprediksikan terjadi pada Januari sampai Februari 2023, sehingga potensi hujan intensitas tinggi masih dapat terjadi hingga Februari 2023," ungkapnya.

Sehingga BMKG terus menghimbau agar warga terus waspada atas kemungkinan  yang akan terjadi, dari potensi cuaca yang ekstrem tersebut.

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat Tahun Baru 2023 Penuh Harapan dan Cocok Dijadikan Status Media Sosial

Untuk mengantisipasi warga Indonesia agar tetap waspada, pihak BMKG mengeluarkan himbauan berupa tujuh rekomendasi menjelang kemungkinan cuaca ekstrem yang bertepatan dengan transisi akhir tahun dan awal tahun.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x