Erupsi Kembali Terjadi di Gunung Anak Krakatau, Masyarakat Diminta Untuk Tidak Mendekatinya

- 5 Januari 2023, 11:05 WIB
Ilustrasi aktivitas Gunung Anak Krakatau saat erupsi./ANTARA./
Ilustrasi aktivitas Gunung Anak Krakatau saat erupsi./ANTARA./ /

PRIANGANTIMURNEWS- Gunung Anak Krakatau, Lampung, mengalami erupsi kembali pada Kamis, 5 Januari 2023 pukul 00.13 WIB dini hari.

Informasi tersebut disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui akun Twitter resmi mereka (@PVMBG_).

PVMBG melaporkan bahwa tinggi kolom letusan teramati sekitar 750 meter di atas puncak, aau sekitar 907 meter di atas permukaan laut. Disebutkan juga bahwa saat laporan tersebut dibuat dalam kondisi erupsi masih berlangsung.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Jauhi Aktifitas di Radius 5 Kilometer

Sementara itu, dikutip priangantimurnews dari ANTARA dari laman MAGMA Indonesia PVMBG, kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah timur laut.

Terkait erupsi tersebut, masyarakat diminta untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau bahkan melakukan aktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Sebelumnya, pada hari kemarin Rabu, 4 Januari 2023 pukul 15.09 WIB Gunung Anak Krakatau juga sempat mengalami erupsi dengan ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 3.000 meter diatas puncak, dan kurang lebih 3.157 meter diatas permukaan laut.

Baca Juga: Tertipu 1,8 Miliar, Tatang Sihombing Ngaku Tidak Direspon Oleh KC Bank Aceh S Parman Medan

Kepala pos Pengamatan Gunung Api, Andi Suwardi mengatakan bahwa kondisi Gunung Anak Krakatau saat ini berada pada level III atau berstatus siaga.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x