Waspada! Berikut Tips Menjaga Keamanan Rekening dari Modus Kejahatan

- 28 Januari 2023, 14:13 WIB
Ilustrasi menjaga keamanan rekening./Pexels/
Ilustrasi menjaga keamanan rekening./Pexels/ /


PRIANGANTIMURNEWS - Modus kejahatan perbankan senantiasa mengintai dan selalu memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi.

Maraknya modus kejahatan membuat masyarakat resah, baik itu modus kejahatan via sms, WhatsApp, telepon dan bahkan perbankan.

Dalam kasus via sms, WhatsApp dan telepon biasanya adalah modus penipuan, dan untuk kasus perbankan biasanya adalah pembobolan.

Baca Juga: 7 Rangkuman Data Kabupaten Termiskin Jawa Barat, Salah Satunya Tasikmalaya

Nah, agar rekening tetap aman dan terhindar dari pembobolan, berikut dikutip Priangantimurnews.com dari Instagram @ojkindonesia tips-tips menjaga keamanan rekening.

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Karena jika ada transaksi di rekening kamu baik dana masuk atau keluar, maka pihak Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Selalu mengecek history rekening atau saldo secara berkala. Kamu dapat melakukan ini dengan mudah kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking Bank tersebut.

3. Mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti, menggunakan pindai sidik jari atau wajah. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan data dan perangkat seluler kamu.

Baca Juga: Richard Eliezer Dituntut 12 Tahun, Pengacara Joshua Heran: Habis Manis, Sepah Dibuang!

4. Hindari menggunakan Wifi publik atau free Wifi untuk melakukan transaksi perbankan, sebaiknya gunakanlah jaringan internet pribadi saja.

5. Jaga data pribadi kamu, dengan tidak pernah (jangan) pernah memberitahukan user ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama ibu kandung kepada siapapun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

6. Berhati-hatilah saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming. 

Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segeralah untuk datang ke bank.

Baca Juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang Mengakibatkan Sebuah Pohon Tumbang, Jalur Tasik-Manonjaya Lumpuh

Berhati-hatilah terhadap seseorang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan, sehingga berisiko bisa mengetahui password atau bahkan melakukan kloning kartu kamu.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Instagram @ojkindonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x