Sangat Dangkal! Gempa Bumi Garut 4,3 Magnitudo, Guncangan Terasa hingga Bandung dan Sekitarnya

- 2 Februari 2023, 11:05 WIB
Potret Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi.
Potret Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi. /jabarprov.go.id/


PRIANGANTIMURNEWS - Super dangkal, adalah kalimat yang tepat untuk gempa yang mengguncang wilayah Garut, Jawa Barat kali ini yang terjadi pada Rabu, 1 Februari 2023 pukul 22:57 WIB.

Pasal gempa bumi Garut tersebut terjadi di kedalaman tiga kilometer saja, yang bahkan jauh lebih dangkal daripada gempa yang sering terjadi di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Dilaporkan guncangan gempa tersebut teras hampir diseluruh wilayah Jawa Barat bagian selatan, termasuk diantaranya adalah Ibukota Jawa Barat, Bandung.

Baca Juga: Rusia Terapkan Sistem Perbankan Syari'ah, Dikala Keuangan Barat Menutup Pintu

Meski skala kekuatan dibawah angka lima, yakni sekitar 4,3 magnitudo, namun karena kedalamannya yang sangat dangkal efeknya menjadi terasa kuat seperti gempa besar lainnya.

Titik episentrum gempa bumi Garut tersebut terjadi berlokasi pada titik koordinat 7,27 Lintang Selatan sampai 107,73 Bujur Timur.

Berlokasi di darat dengan jarak 19 kilometer dari Barat Daya Kabupaten Garut Jawa Barat, dengan kedalaman yang hanya mencapai tiga kilometer saja.

Gempa dangkal tersebut diakibatkan oleh adanya pergeseran sesar aktif Garsela, yang juga terjadi beberapa waktu lalu di daerah Kabupaten Garut.

Baca Juga: Di Usia 100 Tahun, Puan Berharap Peran NU dalam Keilmuan Islam Tak Hanya Dirasakan di Indonesia tapi Dunia

Berdasarkan dari laporan yang telah dihimpun oleh pihak BMKG, wilayah guncangan dirasakan cukup banyak mendominasi Jawa Barat bagian selatan, diantaranya berikut adalah wilayah terdampak guncangan.

Skala Intensitas IV: yang menandakan wilayah guncangan yang cukup kuat ditandai oleh jendela berdiri dan dinding bersuara, atau gemuruh.

WIlayah tersebut adalah: Garut, Pasirwangi, Cisurupan, Bayongbong, dan Samarang

Skala Intensitas II: yang menandakan guncangan hanya dirasakan oleh beberapa orang saja, ditandai oleh beberapa benda ringan bergoyang.

Baca Juga: Manchester United vs Nottingham Forest di Piala Liga Inggris : Misi Setan Merah Menghapus Kutukan Ini

Wilayah tersebut adalah: Bandung, Lembang, Pangalengan, Pacet, Cileunyi, dan Sumedang

Akan tetapi, dari laporan masyarakat tersebut tidak ada yang menyampaikan adanya kerusakan terhadap bangunan yang serius maupun korban jiwa.

Gempa bumi Garut tersebut, diikuti dengan gempa susulan yang terjadi tepatnya pada pukul 23:18 wib menjelang kamis dini hari.

Atas bencana gempa yang menerjang Garut pada malam hari, yang merupakan gempa dangkal. Satria Budi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Garut menyampaikan bahwa:

Baca Juga: Isu Ressufle Kabinet Kembali Mencuat Hari Rabu, Mahfud MD Tak Ada Agenda di Istana

"Kewilayahan (bagian) sedang melakukan pengecekan oleh bapak-ibu camat di kewilayahan. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang tidak diharapkan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat agar tetap tenang namun waspada, tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x