Gunung Semeru Meletus, Erupsi 24 kali sejak 1 Januari BPBD: Jauhi 500 Meter Pinggir Sungai

- 6 Februari 2023, 06:30 WIB
Letusan Gunung Semeru yang terjadi pada hari Minggu, 5 Februari 2023 pukul 12:42 WIB disertai muntahan awan panas yang terpantau oleh Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur./magma.esdm.go.id
Letusan Gunung Semeru yang terjadi pada hari Minggu, 5 Februari 2023 pukul 12:42 WIB disertai muntahan awan panas yang terpantau oleh Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur./magma.esdm.go.id /

PRIANGANTIMURNEWS - Gunung Semeru meletus kembali, erupsi menghasilkan abu setinggi 1.500 meter pada Minggu, 5 Februari 2023 tepatnya siang hari pukul 12:42 WIB.

Gunung yang tang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, mengalami erupsi besar yang memuntahkan awan panas yang memiliki jarak luncur hingga 6 kilometer.

Joko Sambang, Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengkonfirmasi kebenaran mengenai letusan Gunung Semeru.

Baca Juga: Aneh, Laporkan Kasus Penyerobotan Tanah Tak Pernah Ditangani, Masih: Diminta Biaya Penyidikan 100 Juta

"Benar, telah terjadi erupsi Gunung Semeru pada 5 Februari 2023 pukul 12:42 WIB dimana tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak atau sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut,"

Gunung yang memiliki ketinggian hampir mencapai 3.676 meter diatas permukaan laut (mdpl) tersebut selalu dilaporkan memiliki aktivitas hampir setiap waktu.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh petugas Pos Gunung Api (PPGA) setempat yang lokasinya terletak di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang kepada BPBD.

Baca Juga: Biadab! Seorang Anak Bakar Rumah Orang Tuanya Usai Tak Diberi Uang Modal Nikah! Kini Berujung Dipenjara!

Hal tersebut terbukti catatan Kementerian ESDM bahwa Gunung Semeru dalam kurun waktu 1 Januari sampai 5 Februari 2023 telah terjadi letusan sebanyak 24 kali

Dalam laporannya kali ini, pos tersebut menyampaikan bahwa kolom abu yang tampak berwarna putih hingga kelabu dan coklat.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: magma.esdm.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x