Siklon tropis Freddy Terjang Indonesia, 24 jam Potensi Angin Kencang hingga Hujan Lebat

- 9 Februari 2023, 17:18 WIB
 Gambar visual siklon tropis Freedy yang di unggah di akun Instagram resmi @Infobmkg/   Instagram @infobmkg
Gambar visual siklon tropis Freedy yang di unggah di akun Instagram resmi @Infobmkg/ Instagram @infobmkg /

PRIANGANTIMURNEWS - Siklon tropis Freddy terjang Indonesia mulai  9 Februari sampai 10 Februari 2023, yang akan picu potensi angin kencang hingga hujan lebat di beberapa wilayah.

Terpantau pergerakan siklon tersebut di daerah Samudera Hindia. Tepatnya bagian selatan Jawa Timur dengan titik Episentrum 15,9 derajat Lintang Selatan sampai 111,2 derajat Bujur Timur.

Siklon tersebut memiliki kecepatan angin  capai maksimum 75 knot dengan tekanan udara yang minimum capai 970 milibar bergerak menuju ke arah bagian Barat Indonesia.

Baca Juga: Astaghfirullah! Oknum Ketua Remaja Masjid di Sleman Lakukan Pencabulan pada Puluhan Anak di Bawah Umur

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan siklon tropis Freddy tersebut akan menerjang Indonesia selama 24 Jam lamanya.

Alasan dari terjadinya potensi angin kencang, hujan deras, gelombang tinggi dan badai di beberapa wilayah Indonesia.

Guswanto menyampaikan bahwa potensi hujan yang memiliki intensitas sedang sampai lebat disertai angin kencang (hujan angin) akan terjadi di wilayah Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Yogyakarta.

Baca Juga: Miliki 77 Amunisi Ilegal, Dua Prajurit Kodim 1702/Jayawijaya di Timika Ditangkap

"Sementara angin kencang lebih dari 25 knot berpotensi terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta," ujar Guswanto.

Siklon Tropis Freddy juga akan picu gelombang tinggi di perairan Indonesia bagian Selatan, karena dalam kasus ini angin bertiup kencang.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @bmkg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x