Beredar Video Pernyataan KKB dan Pilot Susi Air yang Disandera, Ini Pesan yang Mereka Sampaikan

- 15 Februari 2023, 14:01 WIB
Viral, potret KKB dan Pilot Susi Air yang Disandera.
Viral, potret KKB dan Pilot Susi Air yang Disandera. /

PRIANGANTIMURNEWS- Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau yang disebut dengan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) oleh pemerintah Indonesia, merilis foto dan video Pilot Susi Air yang mereka sandera sejak Selasa, 7 Februari 2023 lalu.

Pilot Susi Air yang bernama Kapten Philip Max Marten asal Selandia Baru tampak masih dalam keadaan hidup dan dijaga ketat oleh sejumlah pria bersenjata laras panjang di bawah bendera Bintang Kejora. Pilot berusia 37 tahun itu tampak mengenakan celana pendek dan jaket dengan kaos bergambarkan bendera Papua Merdeka.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh KKB, Kapten Philip bersama sejumlah kelompok bersenjata tersebut menyampaikan pernyataannya di sebuah hutan.

Baca Juga: Tangis Haru Richard Eliezer Beserta Keluarga Atas Vonis Yang Ditetapkan Hakim

"OPM ditangkap saya, untuk Papua Merdeka," ujar Capt Philip.

"Orang (aparat keamanan) Indonesia harus pulang. Kalau mereka nggak pulang, saya nggak bisa lepas, dan mereka bilang tembak saya," lanjutnya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang terbata-bata.

Selanjutnya ia menjelaskan dengan bahasa Inggris yang artinya jika para KKB tersebut menyandera dirinya sebagai jaminan untuk Papua merdeka. Setelahnya, pihak KKB menyampaikan pernyataan penyanderaan yang mereka lakukan.

Baca Juga: Terekam Kamera, Detik-detik Wisatawan Tertimbun Longsor Saat Mandi di Air Terjun Sedudo

"Oke dari kami, kami tangkap pilot dari Karo, kami bawa pilot, karena tentara Indonesia tidak pernah mengakui Papua Merdeka," ujar salah satu anggota TPNPB-OPM di dalam video tersebut.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x