Kemiripan Kondisi Geografis Indonesia dengan Turki, BMKG: Fenomena ini Pengingat untuk Kita

- 25 Februari 2023, 06:18 WIB
 Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (tengah) dan kedua rekannya dalam konferensi pers "Analisis Pembelajaran Gempa Bumi Turki untuk Membangun Kesadaran, Mitigasi, dan Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Potensi Kegempaan di Indonesia" pada Kamis, 23 Februari 2023.
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (tengah) dan kedua rekannya dalam konferensi pers "Analisis Pembelajaran Gempa Bumi Turki untuk Membangun Kesadaran, Mitigasi, dan Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Potensi Kegempaan di Indonesia" pada Kamis, 23 Februari 2023. /

PRIANGANTIMURNEWS - Kemiripan kondisi geografis Indonesia dengan Turki tampak dari tingginya intensitas gempa bumi tektonik.

Kejadian gempa Turki sekaligus mengingatkan, bahwa Indonesia juga memiliki potensi yang sama dengan bencana besar yang dialami Turki.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam konferensi pers pada Kamis, 23 Februari 2023 lalu.

Baca Juga: Hoffenheim vs Borussia Dortmund Bundesliga: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Dwikorita menyampaikan bahwa baik kondisi geografis Indonesia dan Turki adalah wilayah rawan gempa tektonik yang dipicu oleh sesar aktif di kawasan tersebut.

“Kondisi geografis tektoniknya ada kemiripan, meskipun tidak sama persis,” ujar Dwikorita

“Gempa Turki mengingatkan kita bahwa sesar aktif dengan pergerakan geser mendatar atau strike slip dapat menyebabkan kejadian gempa katastrofe dan gempa yang sangat kompleks,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan mengkaji dengan komprehensif terkait zona sesar geser atau 'strike-slip fault' yang sangat mirip sesar di Turki.

Baca Juga: Ini Jadwal Sholat Bogor Kota-Kabupaten, Sabtu, 25 Februari 2023, Serta Do'a yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Konferensi Pers BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x