Ibu Hamil Tewas! DPR RI Desak Menkes Pecat Kepala RSUD Ciereng Subang Jawa Barat

- 7 Maret 2023, 22:09 WIB
Anggota DPR RI KKomisi IX desak Menkes copot Kepala RSUD Ciereng Subang Jawa Barat usai tolak ibu hamil yang mau melahirkan.
Anggota DPR RI KKomisi IX desak Menkes copot Kepala RSUD Ciereng Subang Jawa Barat usai tolak ibu hamil yang mau melahirkan. /YouTube/Miftah's TV/


PRIANGANTIMURNEWS - Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Chaniago menyoroti kasus ibu hamil asal Kabupaten Subang Jawa Barat, yakni Kurnaesih yang meninggal setelah ditolak RSUD Ciereng Subang Jawa Barat.

Irma Chaniago mendesak Menteri Kesehatan untuk mencopot kepala rumah sakit termasuk pihak terkait dalam insiden tersebut.

"Yang pertama kepala rumah sakit, berikut pihak yang ikut serta menolak pasien, dokter jaga dan lain-lain wajib dipecat oleh Menkes karena sudah melanggar regulasi dan sumpah dokter" kata Irma Chaniago.

Baca Juga: Tak Sudi Persib Kembali Tergelincir di Liga 1 Musim Ini! Marc Klok Angkat Bicara!

Irma Chaniago menyatakan Kementerian Kesehatan mesti bertanggung jawab kepada keluarga korban Kemenkes beserta Pemda perlu menjamin dana santunan kepada korban.

Yang kedua Kementerian Kesehatan harus bertanggung jawab dengan memberikan uang duka kepada keluarga korban begitu juga pemdanya.

Irma Chaniago menegaskan RSUD semestinya tak bicara terkait uang dengan rakyat.

Menurutnya tidak boleh ada penolakan pasien dengan kondisi apapun RSUD adalah milik pemerintah seharusnya tidak boleh bicara uang atau berbisnis dengan rakyat.

Baca Juga: Ketua Umum PSSI Terbitkan Aturan Baru! Persib Untung Besar Bermain di Liga Indonesia!? Benarkah? Cek Faktanya

"Soal rujukan tidak boleh menjadi penting jika kondisi pasien kritis sedangkan yang tidak kritis saja tidak boleh ditolak apalagi yang kritis" ungkap Irma Chaniago

Irma Chaniago meminta hal ini menjadi perhatian bagi Kemenkes. Dan mengatakan perlunya ada sanksi terhadap rumah sakit yang masih melakukan penolakan pasien.

Untuk diketahui ibu hamil asal kampung Citombe Desa Bunihara Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang meninggal dunia diduga tak di tangani oleh rumah sakit umum daerah (RSUD) Ciereng Subang.

Kurnaesih yang hamil 9 bulan hendak melahirkan di RSUD Ciereng Subang. Suami korban mengatakan kejadian tersebut bermula saat istrinya alami kontraksi saat masih berada di rumah.

Baca Juga: Sempat Dirahasiakan! STY Beri Kejutan! Line Up Timnas Indonesia Vs Uzbekistan U20

Namun karena kondisi Kurnaesih yang terus-menerus mengalami penurunan pihak keluarga pun membawa korban ke Puskesmas Tanjungsiang untuk penanganan awal.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: YouTube Miftah's TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x