Tegas! Kemenkeu Panggil Semua Kepala Bea Cukai Ke Jakarta Hari Ini, Bahas Apa?

- 9 Maret 2023, 14:32 WIB
Kemenkeu yang hari ini memanggil seluruh kepala bea cukai ke Jakarta.
Kemenkeu yang hari ini memanggil seluruh kepala bea cukai ke Jakarta. /YouTube/Miftah's TV/



PRIANGANTIMURNEWS - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memanggil seluruh Kepala Bea Cukai untuk mengikuti rapat koordinasi (rakornis) di Jakarta pada Kamis,9 Maret 2023.

Rapat tersebut dilakukan di tengah viralnya kasus pegawai Bea Cukai Eko Darmanto dan Andhi Pranowo yang disorot netizen lantaran harta jumbo dan gaya hidup mewah ia dan keluarganya.

"Iya hari ini ada rakornis di Jakarta," kata Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) Nugroho Wahyu Wibowo.

Baca Juga: Layaknya Barcelona! Divaldo Alves Akui Persib Sebagai Spanyolnya Indonesia

Meski demikian Nugroho Wahyu Wibowo belum mengetahui pasti agenda rapat koordinasi tersebut.

Adapun terkait pemeriksaan Kepala Bea Cukai Makassar dari kantor pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan PPATK telah menyampaikan hasil analisis kekayaan janggal Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono kepada Komisi Pemberantasan Korupsi KPK sejak awal 2022.

PPATK menduga pola yang dilakukan Andhi Pramono serupa dengan yang dilakukan mantan kepala bagian umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang ikut terseret kasus Rafael Alun Trisambodo yang menggunakan nomina atau nama orang lain dalam melakukan transaksi.

Baca Juga: Persib Bandung Akan Lepas 3 Pemain Usai Terbit Aturan Baru Liga 1!? Benarkah? Cek Faktanya

Diketahui Andhi Pramono yag dilaporkan pada 16 Februari 2022, Andhi Pranowo memiliki harta sebanyak 13,7 miliar dan tanpa hutang.

Dari total harta tersebut 6,9 miliar berupa tanah dan bangunan yang ada di beberapa kota seperti Batam, Bogor, Salatiga, Jakarta, Banyuasin, Karimun, dan Cianjur.

Kemudian 1,8 milyar berupa alat transportasi 706 juta berupa harga berteria bergerak 2,9 miliar berupa surat harga berharga dan 1,2.

Baca Juga: Mengejutkan! Persib Makin Garang! Pelatih Persik Kediri Ungkap Hal Ini

Sementara itu KPK akan memanggil Kepala Bea Cukai Makassar Sulawesi Selatan Andhi Pramono terkait dugaan harta kekayaannya.

Hal itu diungkapkan Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan menyikapi viralnya kabar soal dugaan kekayaan Andhi Pramono dan laporan hasil analisis LH dari pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan PPATK.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: YouTube Miftah's TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x