Aktivitas Erupsi Gunung Merapi, Kehidupan 12 Jenis Mamalia Terancam

- 14 Maret 2023, 15:07 WIB
 Ilustrasi seekor Kijang adalah salah satu mamalia yang berhabitat di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), dimana tempat tinggalnya terancam terfragmentasi oleh aktivitas manusia dan Erupsi Gunung Merapi
Ilustrasi seekor Kijang adalah salah satu mamalia yang berhabitat di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), dimana tempat tinggalnya terancam terfragmentasi oleh aktivitas manusia dan Erupsi Gunung Merapi /

PRIANGANTIMURNEWS - Aktivitas erupsi Gunung Merapi yang intens akhir-akhir ini, mengancam kehidupan dan habitat alam dari 12 jenis Mamalia.

Mengacu pada hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Nurpana Sulaksono, yang merupakan mahasiswa S2 Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Dalam penelitiannya setidaknya terdapat 12 jenis mamalia yang terancam di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) akibat erupsi Gunung Merapi yang meningkat.

Baca Juga: Persib Bermain Imbang! PSM Makassar Gagal Juara! Ciro Alves Mulai Realistis Setelah Maung Bandung Gagal Menang

Disampaikan oleh Nurpana pada hari Selasa. 14 Februari 2023 dari UGM, Yogyakarta langsung.

"Menggunakan puluhan kamera jebakan, diketahui ada 12 jenis mamalia, 10 diantaranya jenis mamalia darat," ungkap Nurpana.

"Yang paling banyak itu adalah monyet ekor panjang, kijang, landak, dan luwak," tambahnya.

Gunung yang terletak antara perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut menjadi habitat utama untuk 12 mamalia tersebut.

Baca Juga: Beberapa Keistimewaan Bulan Ramadhan Menurut Buya Yahya

Erupsi yang terjadi dengan skala yang intens dalam periode tertentu menjadi sebuah gangguan alam yang mengancam kelestarian hewan-hewan tersebut.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub