Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Masih Disandera KKB, BNPT Tegaskan Itu Termasuk Aksi Terorisme

- 18 Maret 2023, 06:05 WIB
Kepala Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Ibnu Suhendra, sebut penyanderaan Pilot Susi Air yang diakukan  KKB itu telah memenuhi unsur tindak pidana terorisme
Kepala Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Ibnu Suhendra, sebut penyanderaan Pilot Susi Air yang diakukan KKB itu telah memenuhi unsur tindak pidana terorisme /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS - Pilot pesawat Susi Air Philip Mark Mehrtens hingga kini masih disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Duga Papua.

Tindakan penyanderaan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens warga Selandia Baru yang dilakukan KKB itu termasuk aksi teroris.


Demikian disampaikan Kepala Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol Ibnu Suhendra dalam webinar bertajuk "Penyanderaan Pilot Susi Air: Tindakan Terorisme?" yang dipantau dari kanal YouTube Moya Institute Jumat 17 Maret 2023.

Baca Juga: Sulawesi Utara Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 5,1, Tidak Berpotensi Tsunami, tapi Warga tetap.Waspada

Irjen Pol Ibnu Suhendra menegaskan penyanderaan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, yang berkebangsaan Selandia Baru, merupakan aksi terorisme.

"KKB (kelompok kriminal bersenjata) menuntut kemerdekaan dengan mengancam akan menghilangkan nyawa pilot bila tuntutan tidak dipenuhi," ucap Ibnu Suhendra.

Dijelaskan Ibnu Suhendra cara-cara yang dilakukan oleh KKB itu, identik dengan aksi-aksi terorisme.

Baca Juga: Kocak! Anak Fitrop Nangis Kejer, Bukan Minta Mainan Atau Makanan. Malah Minta Ini

Menurut Ibnu, jaringan teror yang beraksi di wilayah Indonesia saat ini menggunakan strategi menebar rasa takut sebagai cara untuk mencapai tujuannya.

"Selain itu, terdapat motif politik dan ideologi yang memenuhi unsur pidana dalam pengertian tindak pidana terorisme dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x