Melanggar Aturan Adat saat Hari Raya Nyepi, Dua WNA Polandia Diperiksa Imigrasi Bali

- 24 Maret 2023, 02:00 WIB
Dua WNA asal Polandia saat menjalani pemeriksaan di Kantor imigrasi Denpasar Bali setelah ditemukan melanggar aturan adat saat Nyepi oleh Pecalang Desa Adat Sukawati, Rabu 22 Maret 2023. ANTARA/HO-Kantor Wilayah Kemenkumham Bali  I
Dua WNA asal Polandia saat menjalani pemeriksaan di Kantor imigrasi Denpasar Bali setelah ditemukan melanggar aturan adat saat Nyepi oleh Pecalang Desa Adat Sukawati, Rabu 22 Maret 2023. ANTARA/HO-Kantor Wilayah Kemenkumham Bali I /

PRIANGANTIMURNEWS - Dua warga negara asing (WNA) asal Polandia diperiksa Petugas Kantor Imigrasi Denpasar Bali Kamis 23 Maret 2023.

Pemeriksaan WNA asal Polandia itu dilakukan karena keduanya melanggar aturan adat saat ibadah Nyepi di Bali Rabu 22 Maret 2023 lalu.

Dua  Polandia bernama Karol Grabinski dan Barbara Karina Walczak dalam rekaman video yang viral di media sosial, cekcok dengan petugas keamanan desa adat (pecalang) di Sukawati, Gianyar.

Baca Juga: Sadis! Tukang Ojek di Papua Tengah Ditembak oleh Penumpang yang Baru Diantarkan

Adu mulut terjadi  karena WNA asal Polandia itu  menolak mengikuti aturan adat di Bali saat Nyepi.

Sebelumnya saat warga Bali beribadah  Nyepi, keduanya ditemukan oleh pecalang beraktivitas di luar rumah/penginapan, tepatnya di tenda yang dipasang di dalam gazebo (bale bengong) di Pantai Purnama, Sukawati.

Pecalang pada rekaman video yang diunggah beberapa akun media sosial menjelaskan kepada dua WNA itu bahwa saat Nyepi seluruh aktivitas di luar rumah/penginapan dibatasi, kecuali pecalang yang dapat berpatroli dan berkegiatan ke luar rumah.

Baca Juga: 13 Remaja di Tangerang Diamankan Polsek Cisoka, Mau Tawuran Usai Sahur

Namun, WNA tersebut menolak mengikuti permintaan pecalang dengan alasan mereka tidak memiliki tempat menginap. Keduanya mengaku berlibur ke Bali dengan biaya terbatas (backpacker).

Dikutip priangantimurnews.com dari Antara, Polsek Sukawati di Gianyar, Bali, pun menangkap dan menahan dua WNA itu, kemudian menyerahkan mereka ke imigrasi.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah