Gunung Karangetang Pulau Siau Mengeluarkan Guguran Lava Sejauh 150 meter

- 5 April 2023, 20:41 WIB
Gunung Karangetang di pulau Siau mengeluarkan guguran lava sejauh 150 meter. Juga terjadi pnumpukan lava. Ini kronologinya
Gunung Karangetang di pulau Siau mengeluarkan guguran lava sejauh 150 meter. Juga terjadi pnumpukan lava. Ini kronologinya /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS - Terjadi penumpukan material di Gunung Karangetang Pulau Siau.

 

Tampak terlihat, tjmpukan material lava di lembah  mengarah ke Kalibatang sekitar 1.750 meter dari puncak dan dari ujung penumpukan tersebut terjadi guguran sejauh sekitar 150 meter.

Kondisi itu berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM secara visual mengamati terjadinya penumpukan material lava Karangetang pada periode evaluasi 31 Maret 2023.

Baca Juga: Guguran Lava Pijar Gunung Merapi di Yogyakarta Meluncur Lava Pijar ke Arah Kali Bebeng dan Boyong

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Sugeng Mujiyanto dalam rilis Rabu 5 April 2023 menyebutkan material lava tampak menumpuk di lembah yang mengarah ke Kalibatang sekitar 1.750 meter dari puncak dan dari ujung penumpukan tersebut terjadi guguran sejauh sekitar 150 meter.

"Material lava tampak adanya penumpukan di lembah yang mengarah ke Kali Batang sekitar 1.750 meter dari puncak dan dari ujung penumpukan tersebut terjadi guguran sejauh sekitar 150 meter," katanya.

Erupsi efusif pada kawah utama (selatan) masih terjadi berupa leleran/luncuran lava pijar ke arah barat daya dan tenggara, diperkirakan masuk ke Kali Beha barat dan Kali Timbelang maksimum sejauh sekitar 1.750 meter dari puncak.

Baca Juga: Muntahkan Lava Pijar, Erupsi Anak Krakatau Capai 31 Kali Per Januari

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x