Sejarah 8 Kota Tertua di indonesia, Salah Satunya Berhubungan dengan Turki Utsmani

- 11 Mei 2023, 19:19 WIB
 Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh sudah berumur sekitar 813 tahun dan sudah memiliki hubungan diplomatik dengan Turki Utsmani yang merupakan Kerajaan Islam terbesar di Dunia pada zamannya.
Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh sudah berumur sekitar 813 tahun dan sudah memiliki hubungan diplomatik dengan Turki Utsmani yang merupakan Kerajaan Islam terbesar di Dunia pada zamannya. / Unsplash/

PRIANGANTIMURNEWS - Setiap negara pada dasarnya memiliki sejarah tersendiri, dari awal terbentuknya dalam sebuah peradaban. Termasuk tanah air ini, dalam perkembangan menjadi negara pasti tak lepas dari sejarah Kota tertua di Indonesia.

 

Banyak orang mungkin menyangkal jika kota tertua di Indonesia adalah Yogyakarta atau Jakarta, melihat dari peranan dan perkembangan kota tersebut dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sampai tahun 17 Agustus 1945.

Namun hal tersebut ternyata salah, diantaranya ada beberapa kota tertua di Indonesia yang sudah ada lebih dulu jauh sebelum kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 5 Bek Dengan Gol Terbanyak di 5 Liga Teratas Eropa Musim Ini, Bek Incaran Manchester United Masih Terbaik!

Jauh sebelum kemerdekaan RI, kota tertua di Indonesia tersebut sudah menjadi pusat dari keagamaan, kebudayaan, dan perekonomian masyarakat. Melewati zaman penjajahan Belanda dan zaman penjajahan Jepang.

Kota tertua di Indonesia dapat dikenal dari adanya peninggalan-peninggalan berupa bangunan bersejarah, prasasti, atau dokumen-dokumen tua yang menandakan kota tersebut sudah ada pada zaman tertentu.

Beberapa dari kota tertua di Indonesia itu mungkin ada yang sudah mengalami perubahan nama seiring zaman, namun tetap berada di lokasi yang sama.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Buku berjudul Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x