Pengiriman 123 PMI ilegal ke Malaysia Digagalkan Satgas TPPO Polri

- 9 Juni 2023, 17:40 WIB
Kasatgas TPPO Polri Irjen Pol. Asep Edi Suheri (ketiga dari kanan) merilis pengungkapan kasus TPPO 123 PMI yang diberangkatkan secara ilegal ke Malaysia di Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat 9 Juni 2023./ ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/pri.
Kasatgas TPPO Polri Irjen Pol. Asep Edi Suheri (ketiga dari kanan) merilis pengungkapan kasus TPPO 123 PMI yang diberangkatkan secara ilegal ke Malaysia di Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat 9 Juni 2023./ ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/pri. /

PRIANGANTIMURNEWS - Pengiriman 123 Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal dari Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) ke Malaysia berhasil digagalkan Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (Satgas TPPO) Polri.

Dalam kasus pengungkapan TPPO di Kaltara tersebut, satu-satunya menangkap delapan orang pelaku, yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Kepala Satgas TPPO Irjen Pol. Asep Edi Suheri dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan dalam mengungkapkan TPPO di Kaltara tersebut, merebut delapan pelaku, yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Dua Perusahaan Penyalur PMI Ilegal Digerebek Polres Garut, 14 Orang Diamankan

“Sejumlah 123 korban ini terdiri atas 74 orang laki-laki, 29 orang perempuan dan 20 anak-anak,” ucapnya.

Para korban, lanjut dia, berasal dari sejumlah provinsi, seperti Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Jawa Timur.

Dari pengungkapan yang dilakukan Satgas TPPO Polri bersama Polda Kaltara dan Polres Nunukan, diketahui para tersangka TPPO berasal dari sembilan kelompok jaringan perdagangan manusia.

Dalam melakukan aksinya, para tersangka menggunakan dua modus, yakni mengirimkan pekerja migran melalui jalur resmi dan jalur tidak resmi atau jalur tikus.

Baca Juga: Pengiriman PMI Ilegal di Batam Digagalkan Baharkam Polri

“Satgas TPPO Polri bekerja sama dengan instansi terkait, yakni TNI wilayah Nunukan, BP3MI Nunukan, PT Pelni dan PT Pelindo cabang Nunukan, dalam melakukan pengungkapan,” kata Asep yang juga mengungkap identitas Wakabareskrim Polri.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x