Puncak Arus Balik Diprediksi Jasa Marga Pada Hari Senin, Jika Memungkinkan Menunda Perjalanan

- 15 April 2024, 10:57 WIB
Kondisi arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama pada Senin 15 April 2024 dinihari saat arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah/ANTARA/Mario Sofia Nasution
Kondisi arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama pada Senin 15 April 2024 dinihari saat arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah/ANTARA/Mario Sofia Nasution /

PRIANGANTIMURNEWS - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan bahwa lonjakan kendaraan pada musim arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah akan mencapai puncaknya pada hari Senin 15 April 2024, menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi tol dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung ke GT Cikampek Utama.

Faiza Riani, Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Jasa Marga, menyatakan bahwa meskipun saat ini sudah terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari jalur Trans Jawa, lonjakan ini diperkirakan akan lebih signifikan pada Senin, 15 April 2024.

"Saat ini sedang terjadi kenaikan volume kendaraan dari Trans Jawa yang menuju Jakarta, tetapi akan lebih meningkat pada hari Senin 15 April 2024,"ungkap Faiza Riani di Cikampek, pada Minggu 14 April 2024 malam.

Baca Juga: Tanjakan Gentong Padat Total Saat Siang Menuju Sore, Dampak Arus Balik Idul Fitri

Dia menambahkan bahwa volume Lalin (lalu lintas) kendaraan setiap jam dari arah timur Trans Jawa serta Bandung menuju GT Cikampek Utama dengan GT Kalihurip Utama telah mencapai 102 ribu kendaraan antara pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Menurutnya, angka ini merupakan kenaikan sebesar 168 persen dari jumlah volume lalu lintas yang normal. Dia menjelaskan bahwa kepadatan lalu lintas ini disebabkan oleh banyaknya warga yang menggunakan kendaraan dari Jawa Tengah menuju Jakarta.

Hal ini dipengaruhi oleh pemberlakuan sistem satu arah namun tetap terjadi pertemuan dua arah antara Tol Trans Jawa dan Tol Cipularang di KM 67 Tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga: Arus Balik Gelombang 2 Diprediksi hingga 1 Mei 2023, Polisi Berlakukan One Way di Nagreg

Faiza mengimbau kepada masyarakat yang memiliki fleksibilitas waktu untuk menunda kepulangan mereka ke Jakarta agar dapat menghindari penumpukan yang lebih parah.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah