Polri: Bus Maut Yang Membawa Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Diduga Gagal Fungsi Rem

- 12 Mei 2024, 14:25 WIB
Kepala KakorlantasPolri Irjen Pol. Aan Suhanan saat meninjau olah TKP kecelakaan bus terguling di Jalan Raya Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu 12 Mei 2024/ANTARA/Rubby Jovan
Kepala KakorlantasPolri Irjen Pol. Aan Suhanan saat meninjau olah TKP kecelakaan bus terguling di Jalan Raya Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu 12 Mei 2024/ANTARA/Rubby Jovan /

PRIANGANTIMURNEWS - Irjen Pol. Aan Suhanan, yang menjabat sebagai Kakorlantas Polri, menyampaikan bahwa hasil awal dari penyelidikan di TKP tidak ditemukan jejak bekas rem di tempat kecelakaan bus yang terguling di kawasan Jalan Raya Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Melalui pengamatan di TKP, kami tidak menemukan tanda-tanda rem dari bus tersebut. Tetapi yang dapat ditemukan hanyalah bekas dari ban, tampaknya dari ban sebelah kanan, yang terdapat beberapa meter dari titik kejadian, dan berlanjut hingga ke titik kejadian di depan, yaitu menabrak tiang listrik,"ungkap Aan saat melakukan peninjauan di TKP Subang, pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2024.

Aan berspekulasi bahwa kecelakaan bus tersebut disebabkan oleh kegagalan fungsi rem pada kendaraan, sehingga membuatnya meluncur ke kanan dan bertabrakan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

Baca Juga: Bus Pariwisata yang Ditumpangi Siswa SMK Depok Terguling di Ciater Subang! 9 Orang Tewas, Lainya Luka Serius

Menurut Aan, dengan tidak ditemukannya jejak rem dari bus yang terguling tersebut memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Selain kemungkinan rem yang tidak berfungsi, ada juga kemungkinan bahwa pengemudi menjadi panik saat kejadian tragis itu terjadi.

"Tidak ada tanda-tanda rem sama sekali. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut. Mengapa tidak ditemukan jejak rem, apakah karena remnya tidak berfungsi ataukah pengemudinya panik, dan sebagainya,"tambahnya.

Baca Juga: Korban Tewas Kecelakaan di Ciater Subang Dilaporkan 11 Orang, 1 Diantaranya Pengendara Sepeda Motor

Aan menjelaskan bahwa setelah proses olah TKP dilakukan di tempat kejadian, pihaknya juga akan menyelidiki kerusakan pada kendaraan tersebut, baik bus ataupun kendaraan warga yang ditabrak bus sebelum terguling.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah