Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya Akan Gelar 'Haul Akbar Mengenang Sang Mutiara Umat'

- 14 Mei 2024, 09:00 WIB
Haul Akbar 'Mengenang Sang Mutiara Umat' akan digelar di Pondok Pesantren Cintawana Singaparna Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu, 18 Mei 2024/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Haul Akbar 'Mengenang Sang Mutiara Umat' akan digelar di Pondok Pesantren Cintawana Singaparna Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu, 18 Mei 2024/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Jawa Barat adalah provinsi di Indonesia yang merupakan kiblat perkembangan Islam di Tanah Air.

Perkembangan Islam di Nusantara  juga tidak lepas dari keberadaan dan peran penting dari pesantren-pesantren yang tersebar luas diseantero provinsi ini.

Salah satu Pesantren yang mempunyai peran penting dan strategis dalam perkembangan Islam di Indonesia yakni Pesantren Cintawana Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Haul Pondok Pesantren Cipasung 2021 Dilakukan Secara Offline dan Online

Pesantren paling tua di  Tasikmalaya ini berada di desa Cikunten, Kecamatan Singaparna. Pesantren yang berada persis di pinggir jalan provinsi ini berdiri sejak 12 April 1917.

Adalah Almagfurlah KH. Muhammad Toha yang merupakan pendiri pondok Pesantren Cintawana ini. Almagfurlah KH. Muhammad  Toha merupakan keturunan IX Syekh Abdul Muhyi yang merupakan wali penyebar agama Islam di Tasikmalaya dan Jawa Barat.

Sebelum mendirikan pesantren Cintawana, KH. Muhammad Toha yang lahir tahun 1812 sempat mendirikan Pesantren Cipansor di Desa Buniasih, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. Beliau wafat pada tahun 1945.

Baca Juga: HEBOH! Santriwati di Pesantren Magetan Jawa Timur Bawa Senjata Laras Saat MPLS! Polisi Ungkap Hal Ini

Untuk mengenang jasa-jasa besar dari para pendiri, pada Sabtu, 18 Mei 2024 pihak Pesantren Cintawana akan menggelar acara dengan tajuk 'Haul Akbar Mengenang Sang Mutiara Umat'

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah