Ambalan Salman Al Farisy MA YPK Cijulang Kabupaten Pangandaran, Lantik 40 Penegak Laksana!

- 14 Mei 2024, 16:45 WIB
40 Anggota Pramuka Penegak Laksana dari Ambalan Al Farisy Pangkalan MA YPK Cijulang telah dilantik pada 10-12 Mei 2024/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
40 Anggota Pramuka Penegak Laksana dari Ambalan Al Farisy Pangkalan MA YPK Cijulang telah dilantik pada 10-12 Mei 2024/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Gerakan Pramuka di sekolah-sekolah sempat menjadi polemik. Pasalnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mencabut kegiatan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Sontak saja keputusan Nadiem Makarim tersebut disikapi beragam respon dari berbagai pihak. Padahal selama ini gerakan Pramuka merupakan paket komplit yang berperan penting dalam pembentukan karakter pelajar Pancasila.

Karena banyaknya polemik atas keputusannya, Nadiem Makarim kemudian menyampaikan klarifikasi terkait pernyataannya yang akan menghapus gerakan Pramuka sebagai ekstrakurikuler.

Baca Juga: DPR Panggil Mendikbudristek Nadiem Makarim Klarifikasi Soal Penghapusan Pramuka dan TPPO Mahasiswa Magang

Nadiem Makarim mengatakan kegiatan Pramuka tidak dihapuskan dari sekolah. Menurut Nadiem, sekolah tetap berkewajiban menyelenggarakan ekstrakurikuler pramuka, namun siswa tidak lagi diharuskan mengikuti kegiatan tersebut.

Gerakan Pramuka sendiri adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

Gerakan Pramuka di sekolah-sekolah sampai saat ini masih terus berjalan dan masih tetap mendapat respon positif dari para siswa. Seperti halnya di Ambalan Al Farisy Pangkalan MA YPK Cijulang Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: MERIAH!! Peringati Hari Pramuka ke 61, Kwarcab Pangandaran Gelar Berbagai Kegiatan

Ambalan Al Farisy pada 10 - 12 Mei 2024 telah melaksanakan pelantikan Penegak Laksana.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah