Siaga Gunung Merapi. Dede: Terjadi Puluhan Kali Gempa Vulkanik Di Gunung Merapi Sejak Pagi Hari

- 12 November 2020, 13:29 WIB
Tampak kondisi di barak tempat pengungsian di sebuah aula desa di Sleman Yogyakarta. Dan Relawan SAR Pangandaran Mata Angin Indonesia di posko utama Yogyakarta, Kamis, 12 November 2020.
Tampak kondisi di barak tempat pengungsian di sebuah aula desa di Sleman Yogyakarta. Dan Relawan SAR Pangandaran Mata Angin Indonesia di posko utama Yogyakarta, Kamis, 12 November 2020. /Kolase/

PRIANGANTIMURNEWS-
Relawan SAR Mata Angin Indonesia Regional Kabupaten Pangandaran Dede Hendra melaporkan, telah terjadi puluhan kali getaran gempa bumi di wilayah gunung Merapi dan sekitarnya pada hari Kamis, 12 November 2020 pagi.

Dede merupakan salahsatu relawan asal Kabupaten Pangandaran yang diperbantukan untuk misi kemanusiaan dan bergabung dengan Basarnas Yogyakarta.

"Saya bersama satu teman relawan dari Mata Angin Indonesia telah bergabung dengan Basarnas Yogyakarta," ujar Dede melalui telepon, Kamis, 12 November 2020.

Baca Juga: 5 Kegiatan Produktif Yang dapat dilakukan di walupun Rumah Aja

Kini dirinya bersama tim SAR lainnya berkumpul di posko utama yang berjarak sekitar 27 kilometer (km) dari gunung Merapi. Kata Dede, ada juga posko SAR yang jaraknya hanya 7km dari gunung Merapi.

"Sekarang status gunung Merapi masuk ke siaga tiga," kata Dede.

Lanjut Dede, semua penduduk yang bermukim di lereng gunung Merapi sudah banyak yang diungsikan salahsatunya ke barak pengungsian di Magelang Jawa Tengah.

"Mayoritas yang diungsikan terlebih dahulu yaitu manula sama balita," ujarnya.

Seperti yang diberitakan di Pikiran Rakyat Cirebon yang bersumber dari berita Antara news, kondisi gunung Merapi semakin mengkhawatirkan, bahkan sudah terjadi 33 kali gempa vulkanik dan 45 kali guguran.

https://cirebon.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-04946489/kondisi-gunung-merapi-semakin-mengkhawatirkan-terjadi-33-kali-gempa-vulkanik-dan-45-kali-guguran.

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x