Calo CPNS Dibekuk Satreskrim Polres Ciamis, Menilap Uang Korban Rp350 Juta

- 20 April 2021, 23:35 WIB
Ilustrasi penipuan.
Ilustrasi penipuan. /Pixabay/mohammed_hassan/

PRIANGANTIMURNEWS - Seorang calo CPNS MSP (57) berhasil diringkus jajaran Satreskrim Polres Ciamis. Tersangka MSP ditangkap di rumahnya di wilayah Cipete Kecamatan Cilandak Jakarta Minggu 18 April 2021.

Tersangka ditangkap karena menjanjikan korbannya bakal diangkat sebagai aparatur sipil negara (ASN) dengan memberikan imbalan sejumlah uang.

“Tersangka ditangkap ketika sedang berada di rumahnya di wilayah Cipete, Kecamatan Cilandak, Jakarta pada hari Minggu 18 April 2021. Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif,” kata Kapolres Ciamis Hendria Lesmana melalui Kasat Reskrim Iptu Afrizal Wahyudi, Selasa 20 April 2021.

Baca Juga: Kemensos Berikan Bantuan Sebesar Rp 67.500.000 pada Korban Ledakan Bom di Makassar


Dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat, kasus penipuan ini terungkap bermula dari salah seorang korban warga Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran pada hari Senin, 19 April 2021. Korban mengaku telah ditipu oleh tersangka yang katantya bisa memasukkan menjadi ASN.

Namun setelah uang diserahkan, ASN yang dijanjikan belum masuk juga. Menindaklanjuti laporan tersebut, polisi langsung bergerak cepat melakukan pengembangan, akhirnya hingga berhasil menangkap tersangka.

Tersangka, lanjutnya, mengaku telah melakukan aksinya sejak tahun 2018 – 2019. Diperkirakan jumlah korbannya lebih dari seorang. Hanya saja, hingga saat ini baru seorang yang melaporkan. Korban sudah menyerahkan uang sebesar Rp 305 juta.

Baca Juga: 500 Para Budayawan dan Seniman Se-Jabodetabek Jalani Vaksinasi, Jokowi dan Sandiaga Tinjau Langsung

“Pelaku melancarkan aksinya membujukrayu korban dua kali. Di BRI Unit Padaherang dan Hotel Arnawa Pangandaran. Kami juga mengamankan buku tabungan berikut kartu ATM atas nama Komarudin,” ungkap Afrizal.

 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x