[Update Terbaru] Gempa Bumi Tektonik 4.0 Skala Richter Tasikmalaya, Jawa Barat Hasil Analisis BMKG

- 20 Juni 2021, 21:29 WIB
Informasi dari BMKG
Informasi dari BMKG /BMKG/

PRIANGANTIMURNEWS - Gempa Bumi yang terjadi di kabupaten Tasikmalaya dirasakan di beberapa wilayah di Priangan Timur, Jawa Barat.

Dari informasi yang diterima priangantimurnews.com Pikiran Rakyat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pada Minggu, 20 Juni 2021.

Kejadian dan Parameter Gempa bumi pada Hari Minggu, 20 Juni 2021 pukul 20:30:54 WIB, wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi Tektonik.

Baca Juga: Gempa Bumi Tasikmalaya 4.0 Magnitudo, Terasa Sampai Pangandaran hingga Priangan Timur

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4.0.

Episenter terletak pada koordinat 8.10 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 57 km BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 19 kilometer.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas pensesaran di laut pada bagian dalam dari Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Berita Transfer Real Madrid: dari Mengincar Bek Villarreal, Bek Man City, hingga Bek Borussia Dortmund

Dampak Gempa bumi, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Cisurupan, Cikajang, Samarang, Garut Kota II MMI, Pangandaran, Cisompet, Cikelet, Singajaya, Bentarkalong, Ciawitali, Pameungpeuk, Cihurip, Pamarican MMI III.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x