Pangandaran kembali Diguncang Gempa Bumi, Kali ini 4,1 magnitudo di Selatan Jabar

- 9 Januari 2023, 11:03 WIB
Gempa Pangandaran.
Gempa Pangandaran. /Bmkg/

PRIANGANTIMURNEWS- Gempa kembali mengguncang Jawa Barat dan kali ini terjadi di Kabupaten Pangandaran dengan skala kekuatan 4,1 magnitudo pada dini hari Minggu, 8 Januari 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 00:10 WIB yang berpusat di laut, yakni sekitar 125 kilometer Barat Data dari Pangandaran. Dengan letak kedalaman 10 kilometer di bawah laut tersebut.

“Gemba 125 km barat daya Kabupaten-Pangandaran-Jabar,” tulis BMKG dalam akun resmi twitter-nya pada, 8 Januari 2023.

Baca Juga: Ada 1 Benda Sebagai Tanda Malaikat Masuk Rumah

Gempa  bumi yang terjadi di kedalaman 10 kilometer tersebut berpusat pada titik koordinat 8,5 lintang selatan (LS) dan 107,79 bujur timur (BT) Kabupaten Pangandaran.

Sampai saat ini, belum ada laporan serius yang berkaitan dengan dampak gempa maupun korban jiwa akibat gempa tersebut. Serta BMKG pun belum menyampaikan dampak maupun peta dampak guncangan gempa bumi di Pangandaran tersebut.

BMKG juga menyatakan bahwa parameter gempa bumi dapat berubah setelah beberapa menit pertama setelah dianalisis  ulang oleh seismolog.

Baca Juga: Beberapa Fakta Menarik Jelang Pertandingan Leg kedua Semifinal Piala AFF 2022, Vietnam Vs Indonesia

Diketahui penyebab utama gempa di pantai selatan, termasuk Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran.kemungkinan besarnya selalu diakibatkan dengan adanya aktivitas patahan dalam lempeng Indo-Australia.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x