Banyumas Diguncang Gempa Magnitudo 2,9, Masyarakat Diminta Waspada, Ada Sesar Ajibarang

- 13 Februari 2023, 12:12 WIB
 Banyumas diguncang gempa. Peta lokasi gempa yang terjadi di Kabupaten Banyumas pada hari Senin 13 Febaruari 2023 pukul 09.18 WIB. ANTARA/HO-BMKG
Banyumas diguncang gempa. Peta lokasi gempa yang terjadi di Kabupaten Banyumas pada hari Senin 13 Febaruari 2023 pukul 09.18 WIB. ANTARA/HO-BMKG /



PRIANGANTIMURNEWS - Wilayah Kabupate Banyumas Jawa Tengah Senin 13 Februari pukul 09.18 WIB diguncang gempa berkekuatan 2,9 magnitudo.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Hery Susanto Wibowo mengatakan pusat gempa tersebut berlokasi di 7,51 lintang selatan dan 109,12 bujur timur atau 15 kilometer barat daya Banyumas dengan kedalaman 189 kilometer.

Dikatakan Hery gempa di daratan tersebut bukan karena aktivitas sesar lokal meskipun di Kabupaten Banyumas terdapat sesar Ajibarang.

Baca Juga: Persib vs PSM: Jadwal, Preview, H2H, Lokasi Duel dan Tiga Misi Maung Bandung di Laga Ini

Menurut Hery gempa-gempa yang disebabkan oleh aktivitas sesar lokal biasanya kedalamannya dangkal.

"Kalau dilihat dari kedalamannya (kategori) menengah, disebabkan aktivitas subduksi. Kalau ke utara sampai pantai utara, kedalamannya sampai 500 kilometer," katanya.


Terkait dengan gempa ini, Hery mengakui terjadinya gempa tidak bisa diprediksi. Hanya masyarakat Banyumas diimbau untuk tetap waspada karena di wilayah itu terdapat sesar Ajibarang yang memiliki potensi terjadi gempa.

Baca Juga: Viral! Malaysia Hancurkan Perkampungan Ilegal Warga Indonesia di Hutan Negeri Sembilan

"Tetapi kami tidak bisa memprediksi kekuatannya berapa, kemudian terjadinya kapan," tegasnya.

Maka Hery tetap menginformasikan kepada masyarakat maupun pemerintah daerah bahwa daerah tersebut memiliki sesar aktif yang berpotensi mengakibatkan terjadinya gempa.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x