Rumah Tahfidz Quran (RTQ) At-Tamaro Kota Tasikmalaya Konsisten Cetak Generasi Qur'ani

- 3 Maret 2023, 16:49 WIB
Santri dan Santriyah RTQ At-Tamaro sedang mengikuti pembelajaran menghafal Al  Qur'an/Ade Advian Achmad/Priangantimurnews/PRMN.
Santri dan Santriyah RTQ At-Tamaro sedang mengikuti pembelajaran menghafal Al Qur'an/Ade Advian Achmad/Priangantimurnews/PRMN. /

PRIANGANTIMURNEWS - Kota Tasikmalaya yang terkenal sebagai Kota Santri merupakan kota yang menjadi barometer perkembangan Islam di Indonesia.

Ribuan Pondok Pesantren juga Rumah Tahfidz Quran banyak tersebar di seluruh pelosok kota ini. Dari Pesantren dan Rumah Tahfidz Quran (RTQ) ini telah banyak melahirkan para penghafal Al Qur'an atau hafidz dan hafidzah.

Rumah Tahfidz Qur'an adalah satuan pendidikan keagamaan Islam non formal yang mengkhususkan untuk menghapal Al Qur'an ,mengamalkannya, dan membudayakan nilai-nilainya dalam sikap kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Jambi Macet 22 Jam: Rekor Teror Baru Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia

Dari sekian banyak Rumah Tahfidz Quran di Kota Tasikmalaya salah satunya adalah Rumah Tahfidz Quran At-Tarmaro. RTQ AT-Tamaro yang beralamat di Perum Griya Abdi Negara Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya mulai berdiri pada 2019.

Berdirinya RTQ At-Tamaro karena adanya rasa kegelisahan dari banyaknya masyarakat terutama generasi mudanya yang masih belum bisa membaca Al Qur'an. Hal ini disampaikan oleh Pengurus RTQ AT-Tamaro Ustadz Ahmad Fathurrahman kepada priangantimurnews.com pada Jum'at, 3 Maret 2023.

" Awal berdirinya RTQ At-Tamaro karena ada rasa kegelisahan kami terhadap lingkungan masyarakat karena ada yang belum bisa membaca Al Qur'an apalagi menghafalkannya khususnya anak-anak dan generasi mudanya." ujar Ahmad Faturrahman.

Masih menurut Ahmad, awalnya santri dan santriyah yang mengikuti program menghafal Al Qur'an di At-Tamaro baru 30 santri tapi saat ini sudah 200 lebih santri dan santriyah menuntut ilmu Al Qur'an di RTQ At-Tamaro.

Baca Juga: Laga Persija Vs Persib Bandung Ditunda Karena Konser! Reaksi Pelatih PSM Makassar Bikin Melongo Publik

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x