Sekda Sebut Sungai Ciwulan Memiliki Potensi Wisata Strategis

- 15 Maret 2023, 19:10 WIB
Sekda Ivan Dicksan dan Kadisporabudpar Dedi Mulyana memakai pelindung persiapan arung jeram di sungai Ciwulan
Sekda Ivan Dicksan dan Kadisporabudpar Dedi Mulyana memakai pelindung persiapan arung jeram di sungai Ciwulan /Edi Mulyana/
 
PRIANGANTIMURNEWS - Dengan adanya potensi wisata Air, Dinas Porabudpar menargetkan Kota Tasikmalaya menjadi terkenal sehingga menjadi wisata tujuan.
 
Hal tersebut dibenarkan Sekertaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dcksan pada kegiatan kolaborasi ultah Pol PP dan Tasik baseh.
 
"Memang keberadaan sungai Ciwulan ini penataannya belum maksimal," kata, Sekda Ivan Dcksan pada pelepasan kegiatan Tasik Baseh di Disporabudpar Rabu 15 Maret 2023.
 
 
Ivan menyebut, tetapi Sungai Ciwulan itu harus dipromosikan agar nanti kedepannya menjadi andalan.
 
Sungai Ciwulan selain potensi untuk wisata air salah satunya untuk arum jeram. Tetapi tidak hanya itu, ciwulan ini bisa menjadi tempat wisata juga. 
 
Memang itu harus kita jaga dan pertahankan termasuk penataan nya sehingga betul betul layak untuk digunakan olahraga air dan juga destinasi wisata.
 
"Memang Sungai Ciwulan itu sangat layak untuk olahraga air, karena evakuasi nya mudah, di pinggir nya ada jalan. Sehingga jika ada apa apa gampang melakukan evakuasi,"ujarnya.
 
 
Untuk meningkatkan potensi Sungai Ciwulan sebenernya kita tinggal mendorong memberdayakan masyarakat setempat 
 
Dengan keterlibatan masyarakat dalam pengembangan Sungai Ciwulan secara pasti dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat.
 

 

 

 
 
"Saya ingin dari Bappelitbangda mengintegrasi wisata di wilayah Kawalu karena kawalu banyak potensinya selain ada Sungai Ciwulan, juga ada bordi dan lainya,"kata, Ivan.
 
Jadi Sungai Ciwulan yang ada di Kawalu harus jadi satu kesatuan penataan nya dengan Bordir, Payung Geulis dan lainnya.
 
 
Ditempat yang sama Kepala Dinas Porabudpar Kota Tasikmalaya, Dedi Mulyana menyebut, pokoknya untuk membangkitkan Kota Tasik kita buat event sebanyak banyaknya. 
 
Salah satunya arum jeram pada kegiatan Tasik Baseh. Jadi nanti kita targetkan arung jeramnya seluruh Indonesia di Tasik dan  mengikut sertakan semua kalangan. 
 
"Jadi nanti konsep nya happy fun. Kalau arung jeram Tasik Baseh ini sipatnya hanya persiapan nanti sehabis lebaran kita laksanakan arung jeramnya."kata, Kadisporabudpar, Dedi.
 
 
Target kita kedepan ciptakan pengunjung ke Kota Tasik hadir sebanyak banyaknya, intinya datang ke Tasikmalaya untuk wisata nanti ada spot destinasi untuk arum jeram dan lainnya.***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Dok Edi Mulyana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x