Pemkot Tasikmalaya Terapkan Razia Tangkap Tangan Warga Pembuang Sampah Sembarangan

- 16 Mei 2024, 18:22 WIB
Ilustrasi borgol penangkapan aktris RR yang terlibat kasus penyalahgunaan narkotika.
Ilustrasi borgol penangkapan aktris RR yang terlibat kasus penyalahgunaan narkotika. /KlausHausmann/PIXABAY.

PRIANGANTIMURNEWS- Pemkot Tasikmalaya dalam hal ini Satpol PP akan melakukan Razia Tangkap Tangan (RTT) kepada warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya atau sembarangan.

Tindakan tegas itu dilakukan berdasar Peraturan Daerah nomor 29 Tahun 2023 tentang Kebersihan, Keindahan dan Kelestarian Lingkungan, dan Perda nomor 8 tahun 2008 tentang perubahan atas 12 perda Kota Tasikmalaya yang mengatur tentang pidana kurungan lebih dari tiga bulan.

Kepala Satpol PP Kota Tasikmalaya Iwan Kurniawan, S.Ip, SH, M. Si mengatakan saat ini Kota Tasikmalaya telah memiliki Perda tentang Kebersihan, Keindahan dan Kelestarian lingkungan Perda Nomor 29 tahun 2023.

Baca Juga: Inas Ditikam Garpu Tanah 10 Kali Tusukan Hingga Tewas Oleh RA Anak Kandungnya Sendiri

Dalam Perda tersebut kata Iwan mengatur tentang kebersihan, keindahan dan kelestarian lingkungan. Sehingga warga tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Dalam Perda tersebut Pemkot Tasikmalaya dalam hal ini Satpol PP memiliki kewenangan untuk melakukan razia tangkap tangan (RTT) pada warga yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya.

"Bila ada warga yang membuang sampah sembarangan bisa ditangkap dan diproses hukum dengan pidana kurungan selama 3 bulan," ujarnya.

Baca Juga: Saat Berwudhu Seorang Imam Mushola di Kedoya Ditikam Hingga Tewas, Pelaku Melarikan Diri

Makanya kepada semua camat, lurah dan ketua RT agar mensosialisasikan Perda nomor 29 tahun 2024 ini kepada masyarakat, agar merek tidak membuang sampah sembarangan. ***

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah