Efek Buruk Olahraga Terlalu Malam Terhadap Pemain

- 9 Juli 2022, 09:57 WIB
Persib protes terhadap jam tanding.
Persib protes terhadap jam tanding. /Instagram @info Persib

PRIANGANTIMURNEWS- Persib Bandung protes terhadap jam bertanding dalam liga 1. Selain Persib ada juga tim lainnya yang protes.

Efek lain dari olahraga larut malam ini. Dalam tubuh kita ada yang disebut hormon melatonin yang merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar kecil di otak. Hormon ini membantu mengatur dan memberi sinyal, kapan waktu untuk tidur dan waktu untuk terjaga.

Bagi orang Indonesia, siang dan malam itu sama2 12 jam, jadi mereka sudah terbiasa dengan pola tidur yang sudah dilakukan sebelum jadwal main 20.30.

Baca Juga: Amalan Serta Doa yang Harus Dipanjatkan Pada Hari Arafah, Simak Baik-baik

Seringnya main terlalu malam, lalu melakukan aktivitas normal seperti biasa di keesokan harinya tentu akan menggangu terhadap kebugaran tubuh.

Indonesia ini negara besar, waktu saja dibagi 3 bagian, jika tim dari timur bermain pukul 20.30 WIB, tentu seperti main pukul 22.30, selesainya jam berapa?

Sebagai pencerahan tentang hormon di dalam tubuh, kita bahas hormon lainnya. Misalnya Leptin dan ghrelin, adalah hormon yang mengatur perut kita merasakan lapar atau tidak lapar.

Hal lain dalam tubuh kita itu tidak berlalu begitu saja, ada hormon-hormon yang mengatur kehidupan kita.

Jadi, jangan anggap sepele segala sesuatu yang berhubungan dengan kondisi tubuh, mentang-mentang yang bermain malam adalah orang lain (para pemain), bukan pembuat jadwal, yang hanya menikmati pertandingan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @infopersib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x