Ternyata Ini Bedanya Taktik Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp di BVB Dortmund!

- 19 September 2022, 23:32 WIB
Potret Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel.
Potret Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel. /Instagram/@thomas_tuchel_fp/@jurgenklopp10/



PRIANGANTIMURNEWS - Bagi penggemar sepak bola, tentu tidak asing dengan sosok pelatih asal Jerman ini. Ia memiliki kharisma yang luar biasa juga mampu memotivasi pemainnya.

Jurgen Klopp dikenal pelatih yang tegas, semasa menjadi pelatih BVB Dortmund, ia menggunakan pakem formasi favoritnya yakni 1-4-2-3-1.

Pada momen menyerang, kedua fullback akan naik dan melebar, sementara 2 bek tengah akan mendistribusikan bola secara langsung ke depan.

Sistem permainannya adalah vertikal play menyerang secara cepat dengan banyak umpan berisiko tinggi. Selain itu juga bermain menekan tinggi (high pressing) dan menaikkan garis pertahanan bertujuan menyulitkan lawan mem bangun serangan.

Baca Juga: 2 Senjata Murni Persib Bandung Turun Vs Persija! Luis Milla Bocorkan Pemain Ini! 

Sedikit berbeda dengan Klopp, Tuchel menyukai pakem formasi 1-4-1-4-1 dan 1-4-3-3. Sesama pelatih Jerman, ia dikenal karena pelatih yang cerdas dan adaptif.

Ia sangat keras kepala, bagaimana tidak, sistem permainan Jurgen Klopp yang selama 8 musim dibentuk telah diubah oleh Thomas Tuchel.

Pria asal Krumbach itu pendekatan nya adalah bermain basis penguasaan bola secara konstruktif dari belakang, tengah, hingga depan.

Pada musim 2015-2016, rerata penguasaan bola BVB Dortmund mencapai 62%. Namun, ia tetap menyukai pressing tinggi dan tetap dipertahankan.

Baca Juga: Pelatih Persija Cemas Terancam! Thomas Doll Takutkan Ini Jelang Tanding Dengan Persib!

Jika dibandingkan, maka Jurgen Klopp lebih revolusioner. Mengapa demikian? Karena klub mengalami krisis, sehingga Bayern Munchen menolongnya dengan memberikan pinjaman uang sebesar Rp32,2 miliar.

Digunakan sebaik mungkin membeli pemain murah dipoles menjadi pemain top salah duanya, Robert Lewandowski dan Ilkay Gundogan.

Dengan skuad itu, Jurgen Klopp membawa klub menjuarai Bundesliga dua kali berturut-turut. Sedangkan Thomas Tuchel hanya meneruskan kejayaannya saja dengan menjuarai DFB Pokal dan runner-up Bundesliga.***

Baca Juga: Persib Ditantang Tim Kuat Ini Jelang El Classico Hadapi Persija! Cek Faktanya

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Instagram @opinibolaid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x