Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Bikers Saat Ngecek Ban Sepeda Motor

- 27 Januari 2021, 09:37 WIB
Seorang remaja yang sedang mengendarai sepeda motor
Seorang remaja yang sedang mengendarai sepeda motor /Instagram ridwannugraha/
PRIANGANTIMURNEWS- Demi terasa berjalan mulus saat naik sepeda motor di jalan raya, ada berbagai aspek yang harus diperhatikan bikers.
 
Selain itu pengguna sepeda motor pada pemakaian apparel yang tepat, ternyata bikers harus mengetahui kondisi motor terutama pada saat perjalanan jauh.
 
Biasanya, komponen yang mesti diperhatikan adalah kondisi motor dan ban.
 
Ban merupakan peranti yang menutupi velg suatu roda dan bersinggungan langsung dengan aspal jalanan.
 
 
Ban juga berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan dan lainnya.
 
Dikutip dari Pikiran-rakyat.com, 'Tiga Hal yang Harus Diperhatikan dari Ban Sepeda Motor, Bikers Wajib Tahu' Selasa, 26 Januari 2021.
 
“Adanya permasalahan pada ban sepeda motor akan menimbulkan potensi bahaya baik bagi diri sendiri maupun orang lain," ujar Safety Riding Development Section Head, PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma.
 
Dalam rilis resminya  PT Daya Adicipta Motora (DAM) menjelaskan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan ban sehari-hari.
 
 
Tiga hal itu adalah kurang tekanan angin yang tidak sesuai, usia pakai ban, hingga kondisi ban yang sudah aus sehingga menjadi sulit mengontrol kemudi stang saat berkendara.
 
Pertama periksa tekanan angin, tekanan angin yang kurang dapat menyebabkan adanya gesekan yang tinggi sehingga ban cepat panas dan mengakibatkan ban cepat robek.
 
Selanjutnya, ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis. Sebaiknya, jika usia sudah mencapai 4 tahun atau pemakaian diatas 40.000 km segera ganti ban dengan yang baru.
 
Terakhir, ban yang sudah aus atau tipis akan menyebabkan kehilangan daya traksi dan mudah tergelincir saat berkendara.
 
 
“Pemilik sepeda motor wajib mengetahui kelayakan ban sepeda motor yang masih bisa digunakan dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban sepeda motor,” ujar Ludhy.
 
Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI maka sangat disarankan untuk segera diganti.*** (Alza Ahdira / Pikiran-rakyat.com)

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x