Subaru Jepang Memperkenalkan Mobil Listrik Pertama, yang Dikembangkan Bersama Toyota

- 7 Januari 2022, 21:47 WIB
Presiden dan CEO Subaru Corp. Tomomi Nakamura berdiri di samping kendaraan listrik (EV) Solterra pertama selama acara pembukaan di Tokyo, Jepang 11 November 2021.
Presiden dan CEO Subaru Corp. Tomomi Nakamura berdiri di samping kendaraan listrik (EV) Solterra pertama selama acara pembukaan di Tokyo, Jepang 11 November 2021. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Subaru Corp Jepang (7270.T) pada hari Kamis meluncurkan kendaraan listrik (EV) pertamanya, Solterra, hasil dari proyek pengembangan bersama selama dua tahun dengan pemegang saham terbesarnya, Toyota Motor Corp (7203.T).

Peluncuran kendaraan sport (SUV) datang di tengah percepatan permintaan EV karena negara-negara di seluruh dunia memperketat peraturan lingkungan untuk mengurangi emisi karbon. Toyota bulan lalu mengumumkan versi kendaraan listrik baterai (BEV), bZ4X.

Pergeseran teknologi dari mesin pembakaran internal menimbulkan tantangan bagi pembuat mobil yang lebih kecil, seperti Subaru, yang kurang mampu mendanai pengembangan EV yang mahal.

Baca Juga: Jadwal Sholat Kabupaten Ciamis Hari Sabtu, 8 Januari 2022 dan Sekitarnya, Sholat dan wudhu!

Pada saat yang sama, ini merupakan kesempatan bagi pembuat mobil papan atas, seperti Toyota, untuk menarik saingan yang lebih kecil lebih dekat.

'Pasar EV belum matang, jadi kami akan meresponsnya dengan memperdalam kerja sama kami dengan Toyota,' kata CEO Subaru Tomomi Nakamura saat acara peluncuran.

Untuk saat ini, kata dia, Solterra akan diproduksi oleh Toyota di Jepang dan Subaru dapat memindahkan produksinya ke pasar utamanya, Amerika Serikat, jika volume penjualannya cukup.

Baca Juga: Ubah Warna Mobil Anda dengan Aplikasi, BMW Memperkenalkan Mobil Pengubah Warna

Toyota, pelopor mobil listrik hibrida tetapi pendatang baru di pasar EV, berencana untuk memiliki 15 model BEV pada tahun 2025. Toyota juga menghabiskan $ 13,5 miliar selama dekade berikutnya untuk memperluas kapasitas produksi baterai mobil.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x