Mahasiswa IPB dan Brawijaya Memenangi Kompetisi Tanoto Student Research Award

- 25 Februari 2021, 08:17 WIB
Tim mahasiswa dari IPB University menjelaskan alat pendeteksi kualitas minyak goreng portabel dalam acara Virtual Media Briefing Tanoto Student Research Award National Competition di Jakarta, Rabu 24 Februari 2021.
Tim mahasiswa dari IPB University menjelaskan alat pendeteksi kualitas minyak goreng portabel dalam acara Virtual Media Briefing Tanoto Student Research Award National Competition di Jakarta, Rabu 24 Februari 2021. / Muhammad Ashari/Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMUR NEWS - Mahasiswa dari IPB dan Universitas Brawijaya memenangi kompetisi Tanoto Student Research Award 2021.

Tim dari Mahasiswa IPB menang dalam kategori teknologi dengan inovasi mengenai alat pendeteksi kualitas minyak goreng portable. Sementara tim Universitas Brawijaya menang dengan inovasi mengenai bakteri kitinolitik.

Tim IPB University memenangi penghargaan setelah menciptakan alat Pendeteksi Kualitas Minyak Goreng Portable.

Baca Juga: Mau Jantung Tetap Sehat, Sempatkan Olahraga 75-150 Menit Per Minggu

Dikutip priangantimurnews dari Pikiran Rakyat, perwakilan tim dari IPB, Abdul Azim mengatakan, penelitian tentang pendeteksi kualitas minyak goreng muncul saat tengah melakukan sidang pengujian kualitas pangan di laboratorium.

Pengujian di laboratorium selalu memakan waktu yang lama, membutuhkan preparasi sampel dan keahlian khusus.

“Dengan teknologi uji kualitas pangan yang kami kembangkan, kami berharap ke depannya teknologi ini dapat lebih cepat dan mampu menghasilkan kualitas pangan terbaik,” katanya dalam acara Virtual Media Briefing Tanoto Student Research Award National Competition di Jakarta, Rabu 24 Februari 2021.

Baca Juga: Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya Tahun 2022, Fokus Penataan Kawasan Kumuh dan Perbaikan Rutilahu

Alat pendeteksi kualitas minyak goreng itu dinamakan Smart Portable Oils Spectrometer (Spoils).

Menurutnya, Spoils merupakan alat portable penentu kualitas minyak goreng berdasarkan kadar asam lemak bebas dengan menggunakan metode spektroskopi fluoresensi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x