Meriah! Anak-Anak PAUD Kober Assalam Cibeureum Kota Tasikmalaya Berkunjung Ke Dinas Pemadam Kebakaran

- 23 Februari 2023, 19:19 WIB
Anak-anak PAUD Kober Assalam Setiaratu Cibeureum Kota Tasikmalaya ketika berkunjung ke Dinas Pemadam Kebakaran./Ade Advian Achmad/Priangantimurnews/PRMN/
Anak-anak PAUD Kober Assalam Setiaratu Cibeureum Kota Tasikmalaya ketika berkunjung ke Dinas Pemadam Kebakaran./Ade Advian Achmad/Priangantimurnews/PRMN/ /


PRIANGANTIMURNEWS - Wajah-wajah ceria terlihat dari anak-anak PAUD Kober Assalam saat mencoba memegang selang yang memancarkan air yang terhubung ke sebuah mobil pemadam kebakaran.

Keceriaan anak-anak PAUD Kober Assalam ini terjadi di Dinas Pemadam Kebakaran atau Damkar Jalan Letnan Harun Kota Tasikmalaya.

Kunjungan PAUD Kober Assalam dalam rangka merealisasikan tema pembelajaran. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekolah PAUD Kober Assalam Rifa Shania, R.S.Pd.

Baca Juga: Mantap! Persib Kembali Geser  Persija Setelah Menang 1-0 Atas Arema FC, Marc Klok Jadi Penyelamat!

"Kami mengajak anak didik dalam rangka pembelajaran diluar kelas bertema profesi. "ujar Rifa kepada Priangantimurnews.com pada Kamis, 23 Februari 2023 di lokasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tasikmalaya.

PAUD Kober Assalam ini berada di Kampung Siluman Setiaratu Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Lebih lanjut Rifa mengatakan bahwa pembelajaran tema profesi ini difokuskan kepada profesi pemadam kebakaran. Anak didiknya, masih menurut Rifa diperkenalkan bagaimana kinerja dari para petugas pemadam kebakaran.

Dengan penuh antusias anak-anak usia dini ini mengikuti seluruh kegiatan.
Dari mulai diperkenalkan dengan armada mobil pemadam kebakaran, alat dan perlengkapan yang dipakai petugas, mencoba menaiki mobil pemadam kebakarannya sampai mencoba memegang selang air yang biasa digunakan petugas untuk memadamkan kebakaran.

Baca Juga: Jadwal sholat Kamis, 23 Februari 2023, Wilayah Klaten Jawa Tengah dan bacaan Do'a pendek

Ibu Ani salah satu orang tua murid mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk menunjang pengetahuan anak didik.

"Anak didik menjadi mengenal bahwa ternyata ada profesi yang bertugas memadamkan api jika terjadi kebakaran." ujar Ani.

Sementara itu Eman Suleman yang menjadi Komandan Regu Pemadaman Kebakaran yang piket saat itu mengatakan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tasikmalaya bukan hanya menangani terjadinya kebakaran.

"Kami juga membantu masyarakat untuk evakuasi hewan peliharaan." ujar Eman.

Baca Juga: Pasca Gempa Turki-Suriah, Indonesia Tetap Lanjut Bantuan Rehabilitasi dan Rekonstruksi

"Kadang ada hewan yang terjebak di tempat sempit atau ada ular yang masuk ke rumah warga." lanjut Eman yang sudah mengabdikan dirinya di pemadam kebakaran sejak 2003 ketika Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tasikmalaya mulai berdiri.

Peristiwa yang akhir-akhir ini sering terjadi dan ditangani oleh Dinas Pemadam Kebakaran adalah evakuasi sarang tawon.

"Kejadian yang sering kami tangani adalah evakuasi sarang tawon. Dalam sekali waktu piket, bisa sampai tiga lokasi kami melakukan evakuasi. Bisa sampai jam satu dinihari" ujar Eman.

Profesi Pemadam Kebakaran adalah profesi yang banyak resiko. Tugas yang mulia dan penuh tanggungjawab ini pelan-pelan ditularkan kepada anak-anak usia dini.

Baca Juga: Jadwal sholat Kamis, 23 Februari 2023, Wilayah Klaten Jawa Tengah dan bacaan Do'a pendek

Dari anak-anak yang ikut kegiatan kemungkinan  ada yang mempunyai cita-cita menjadi pemadam kebakaran. Seperti yang disampaikan oleh Rifa Sania diakhir perbincangan.

"Kunjungan kesini tujuannya agar anak-anak tahu bahwa profesi pemadam kebakaran kemungkinan adalah salah satu cita-cita yang mereka impikan" pungkas Rifa.***

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x