Delapan Fraksi Parpol DPR Tolak Sistem Proporsional Tertutup

- 31 Mei 2023, 20:00 WIB
Anggota DPR dari perwakilan delapan fraksi menggelar konperensi pers terkait penolakan sistem proporsional tertutup di Media Center DPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 30 Mei 2023.
Anggota DPR dari perwakilan delapan fraksi menggelar konperensi pers terkait penolakan sistem proporsional tertutup di Media Center DPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 30 Mei 2023. /Tangkap layar Youtube konferensi pers/

PRIANGANTIMURNEWS - Mahkamah Konstitusi (MK) yang kabarnya akan memutuskan pemilu 2024 menjadi proporsional tertutup terus menuai protes.

 

Protes dilayangkan oleh mayoritas fraksi partai politik di DPR RI. Dari sembilan fraksi yang ada, delapan di antaranya menolak pemilu 2024 dengan sistem proporsional tertutup.

Makanya delapan fraksi partai politik (parpol) di DPR RI meminta agar Mahkamah Konstitusi (MK) tetap menerapkan sistem proporsional terbuka pada Pemilu 2024.

Baca Juga: SBY Ingatkan Penetapan UU Sistem Pemilu Bukan Ada di Tangan MK

Penolakan itu disampaikan delapan fraksi partai parlemen saat melakukan konferensi pers 30 Mei 2023.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Ri Kahar Muzaki  menegaskan kembali sikap untuk menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024.

"Maka kita meminta supaya tetap sistemnya terbuka," kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 30 Mei 2023.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x