Sistem Pemilu 2024 Terbuka atau Tertutup? Apa Kelemahan dan Kelebihan? Ini Penjelasan Pakar Politik UI

- 7 Juni 2023, 11:30 WIB
Dosen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Dr. Sri Budi Eko Wardani, S.IP., M.Si., ANTARA/HO: Humas UI
Dosen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Dr. Sri Budi Eko Wardani, S.IP., M.Si., ANTARA/HO: Humas UI /

PRIANGANTIMURNEWS - Pelaksanaan pemilu 2024 apakah akan menggunakan sistem terbuka atau tertutup hingga kini masih menjadi misteri.

 

Mahkamah Konstitusi sampai saat ini belum memutuskan soal gugatan sistem pemilu tersebut. Sembilan hakim kini sedang membawa soal itu.

Lantas apa sebenarnya sistem proporsional terbuka dan tertutup. Apa kelemahan dan kelebihanya. Dan pada pemilu 2024 harus gunakan sistem apa?

Baca Juga: Inilah Perbedaan Pemilu dengan Sistem Proporsional Tertutup dan Terbuka


Menurut Dosen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Dr. Sri Budi Eko Wardani, S.IP., M.Si., kedaulatan rakyat itu ada pada sistem proporsional terbuka.

"Saya pribadi, melihat sistem pemilu proporsional terbuka masih penting saat ini. Hal ini untuk mendorong reformasi partai politik karena kekuatan elite partai dominan sangat kuat dan mampu meminggirkan kandidat caleg yang memiliki potensi," kata Dr. Sri Budi Eko Wardani di Kampus UI Depok, Senin.

 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x