3 Cara Backup Data supaya Aman dan Tak Hilang Saat Dibutuhkan

- 3 April 2022, 16:04 WIB
cara backup data
cara backup data /Republik World

 

PRIANGANTIMURNEWS- Mencadangkan data atau biasa dikenal dengan backup data, tampaknya menjadi aktivitas yang wajib dilakukan saat ini, khususnya bagi pengguna dengan urusan yang membutuhkan data digital.

Data digital seperti dokumen, gambar, video, dan sebagainya, bila tak dicadangkan mungkin bakal membuat pengguna mengalami kerepotan di kemudian hari. Bisa jadi data tersebut rusak atau hilang, padahal sedang dibutuhkan untuk diakses.

Agar menghindari kerusakan atau kehilangan data, penting kiranya untuk melakukan backup data. Lantas, apa yang dimaksud dengan backup data itu sendiri? Sehingga, cukup penting untuk dilakukan bagi pengguna yang berurusan dengan data digital.

Baca Juga: Pesan-Pesan Kesehatan Mental dalam Surat Ad-Duha

Dengan mencadangkan data, pengguna bisa memiliki semacam data salinan. Jadi sewaktu data utama mengalami gangguan, masih bisa mengakses data salinannya lewat wadah khusus tersebut. Berikut penjelasan tiga cara backup data lewat wadah-wadah tersebut:

1. Backup data menggunakanh Hard Drive eksternal
Hard Drive eksternal atau bisa disebut juga dengan Hard Disk (HDD) eksternal, merupakan perangkat keras dengan teknologi penyimpanan yang biasa dipakai pada memori di laptop atau komputer.

Kapasitas penyimpanan data pada perangkat Hard Drive eksternal ini cukup besar, bisa mencapai hingga 2 TB. Perangkat penyimpanan ini bisa didapat dengan mudah di toko fisik penjual peralatan komputer maupun di marketplace.

Baca Juga: Kasus Subang Terkini, Akhirnya Kades Jalan Cagak Katakan yang...

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Republic World


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x