Ada Kejutan Baru di Sekitar Planet Kerdil Quaoar, Ditemukan Cincin Baru yang Mengorbit

- 10 Februari 2023, 10:29 WIB
ilustrasi yang menunjukkan Quaoar mengorbit di luar Pluto, dikelilingi oleh cincin yang baru ditemukan, bersama dengan bulannya Weywot. ESA, CC BY-SA 3.0 IGO/HO via REUTERS
ilustrasi yang menunjukkan Quaoar mengorbit di luar Pluto, dikelilingi oleh cincin yang baru ditemukan, bersama dengan bulannya Weywot. ESA, CC BY-SA 3.0 IGO/HO via REUTERS /

PRIANGANTIMURNEWS - Ada kejutan baru dari sebuah dunia kecil yang jauh bernama Quaoar.

Di dunia kecil Quaoar ini memberi beberapa kejutan kepada para astronom saat mengorbit di luar Pluto di bagian terluar tata surya yang sangat dingin.

Mengutip dari laporan Reuters pada Kamis, 9 Februari 2023 para peneliti mengatakan bahwa mereka telah mendeteksi adanya sebuah cincin melingkari Quaoar mirip dengan yang ada di sekitar planet Saturnus.

Baca Juga: Laga Tanpa Penonton? Hukuman Komdis PSSI Untuk Persib, 2 Pemain Dicoret Lawan Bali United!

Tapi anehnya, cincin tersebut ada di sekitar Quaoar menentang pemahaman tentang di mana cincin semacam itu dapat terbentuk.

Mengapa, karena yang ini terletak lebih jauh daripada yang dimungkinkan oleh pemahaman ilmiah saat ini.

Jarak cincin dari Quaoar menempatkannya di lokasi di mana para ilmuwan percaya partikel harus segera berkumpul di sekitar benda langit untuk membentuk bulan daripada tetap sebagai komponen terpisah dalam piringan bahan cincin.

Baca Juga: Info Harga Emas, Hari Ini Harga Emas Turun Rp7000, Jadi Rp1,026 per Gram

"Ini adalah penemuan cincin yang terletak di tempat yang seharusnya tidak mungkin," kata astronom Bruno Morgado dari Observatorium Valongo dan Universitas Federal Rio de Janeiro di Brazil, penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

Ditemukan pada tahun 2002, Quaoar didefinisikan sebagai planet kecil dan diusulkan sebagai planet kerdil.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x