Sejarah Singkat 25 November Dijadikan Hari Guru Nasional

- 25 November 2022, 06:29 WIB
Ilustrasi Ucapan Hari Guru Nasional.
Ilustrasi Ucapan Hari Guru Nasional. /PGRI

PRIANGANTIMURNEWS- Guru adalah sosok yang identik untuk diteladani. Karena jasa seorang Guru-lah kita bisa menulis dan membaca. Memilah mana yang baik dan yang buruk.

Diluar peran orangtua di rumah, peran seorang guru tidak bisa diremehkan. Untuk mengapresiasi jasa-jasanya, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Lalu mengapa tanggal 25 November dijadikan sebagai Hari Guru Nasional?
Berikut Sejarah singkatnya.

Baca Juga: Berikut ini link twibbon Hari Guru Nasional 2022 yang Mudah Digunakan

Hari Guru tidak terlepas dengan dibentuknya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) PGRI awalnya bernama PGHI (Persatuan Guru Hindia Belanda) dibentuk pada 1912.

Pada 24 dan 25 November 1945, PGRI mengadakan kongres. Pada Kongres tersebut disepakati bahwa PGRI merupakan wahana persatuan dan kesatuan seluruh Guru di Indonesia.

Sebagai penghormatan kepada Guru, maka pemerintah menetapkan setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru. Berbeda dengan negara lain, di Indonesia Hari Guru bukan merupakan hari libur.

Baca Juga: Chris Hemsworth dikabarkan Akan Hiatus Usai di Diagnosa Terkena Alzheimer

Biasanya ketika 25 November tiba, di sekolah-sekolah diadakan upacara bendera. Selain itu di instansi terkait biasanya diadakan acara pemberian tanda jasa untuk Guru dengan kategori tertentu.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Muslim Terkini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah