Inovasi Pendidikan Era Ki Hajar Dewantara Hidup Kembali Melalui Merdeka Belajar

- 26 Mei 2024, 08:04 WIB
Kepala Biro Hukum Kemendikbudristek Ineke Indraswati memukul gong tanda dimulainya kegiatan semarak Bulan Merdeka Belajar Provinsi Jakarta, yang dilaksakanan BPMP DKI Jakarta./ANTARA/Fauzi Lamboka
Kepala Biro Hukum Kemendikbudristek Ineke Indraswati memukul gong tanda dimulainya kegiatan semarak Bulan Merdeka Belajar Provinsi Jakarta, yang dilaksakanan BPMP DKI Jakarta./ANTARA/Fauzi Lamboka /

PRIANGANTIMURNEWS - Kemendikbudristek menyatakan bahwa Gerakan Merdeka Belajar adalah milik bersama masyarakat dan elemen bangsa Indonesia.

"Gerakan Merdeka Belajar telah berkembang menjadi sebuah gerakan besar serta berkelanjutan, menjadi bagian dari masyarakat dan seluruh elemen untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan kebudayaan,"ujar Inneke Indraswati, Kepala Biro Hukum Kemendikbudristek, di Jakarta Sabtu, 25 Mei 2024.

Pernyataan ini disampaikan saat membuka acara semarak Bulan Merdeka Belajar Provinsi Jakarta, yang diadakan oleh BPMP (Balai Penjamin Mutu Pendidikan) DKI Jakarta sekaligus memperingati Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2024, di Museum Kebangkitan Nasional Jakarta, dari 25 hingga 27 Mei 2024.

Baca Juga: Madrasah Terapkan Silabus Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Gerakan dari Merdeka Belajar memberikan pengalaman pembelajaran menyenangkan juga memberdayakan siswa untuk bereksplorasi. Selain itu, para guru juga dilatih supaya lebih efektif, bekerja sama dengan kepala sekolah guna menciptakan kurikulum terbaik sesuai dengan karakteristik sekolah serta kebutuhan siswa.

"Sekarang, guru-guru mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran dengan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, juga menyenangkan,"tambahnya.

Terkait dengan Hardiknas, Inneke menjelaskan bahwa Ki Hajar Dewantara sudah memperjuangkan hak pendidikan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Filosofi Ki Hajar Dewantara Ternyata Ada Hubungannya dengan Otak, Berikut Penjelasannya!

Pemerintah Indonesia sangat menghargai atas warisan dan prinsip-prinsip yang telah ditanamkan Ki Hajar Dewantara untuk mewujudkan sistem pendidikan di negara Indonesia.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah