Mengenal Cagar Budaya Mahkota Sultan Banten pada 1526-1832 Masehi

- 23 Februari 2022, 19:33 WIB
Benda bersejarah Mahkota Sultan Banten.
Benda bersejarah Mahkota Sultan Banten. /Dok. kemdikbud.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Mahkota Sultan Banten Koleksi Museum Nasional Nomor Inventaris E 619 ini berasal dari Kesultanan Banten, Jawa Barat (1526-1832 Masehi).

Kesultanan Banten merupakan kesultanan penting dalam pengembangan dan penyebaran Islam di Nusantara serta menjadi gerbang ke Jawa dan Sumatra (Ambary, 1996: 50-52).

Mahkota ini merupakan regalia (pusaka) Kesultanan Banten yang menggambarkan kebudayaan Islam Nusantara. Sebagaimana yang dilansir priangantimurnews.com Pikiran Rakyat dari kanal kemendikbud.g.id.

Baca Juga: Mengenal Tempak Sakral Batu Lumpang Desa Serayukaranganyar Purbalingga

Hal ini dapat dilihat pada ragam hias bermotif flora. Setelah Kesultanan Banten runtuh (1832), mahkota ini diambil alih oleh Belanda dan disimpan di Bataviaasch Genootschap (kini Museum Nasional).

Mahkota Kesultanan Banten koleksi Museum Nasional Nomor Inventaris E 619 ini terbuat dari emas 24 karat, perak, dan bertatahkan 116 batu mulia.

Bagian I (Mahkota Bagian Luar)
Mahkota Kesultanan Banten koleksi Museum Nasional Nomor Inventaris E 619 ini terbuat dari emas 24 karat dan bertatahkan 116 batu mulia. Mahkota ini berbentuk kubah dengan puncak menyerupai kuncup bunga.

Baca Juga: Segera Tayang di SCTV, Sinetron 'Juara Dunia' Berikut Daftar Para Pemainnya

Mahkota ini memiliki bagian dasar yang berbentuk lingkaran. Bagian tubuh mahkota terdiri dari delapan panel yang tersusun dari delapan rangka vertikal.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah