Tidak Selalu Sebabkan Hipertensi Konsumsi Daging Kurban! Manfaat Kesehatan dan Batasan yang Perlu Diperhatikan

- 18 Juni 2024, 17:10 WIB
Hidangan olahan daging kurban yang tidak akan selalu berkontribusi pada timbulnya hipertensi.
Hidangan olahan daging kurban yang tidak akan selalu berkontribusi pada timbulnya hipertensi. /TripZilla Indonesia

PRIANGANTIMURNEWS - Mengonsumsi daging merah misalnya daging sapi atau kambing tidak akan selalu berkontribusi pada timbulnya hipertensi.

Daging merah juga menyediakan sejumlah nutrisi penting seperti protein dengan zat besi untuk kesehatan tubuh.

dr. Faisal Parlindungan, Sp.PD-KR, seorang Dokter spesialis penyakit dalam, pada penjelasannya di Jakarta pada Selasa, 18 Juni 2024, menyatakan bahwa mengonsumsi daging sapi atau kambing harus diperhatikan, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Viral: Dua Janin Sapi Ditemukan dalam Perut Sapi Kurban Jantan Saat Proses Pasca Penyembelihan

Meskipun demikian, daging merah memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti menjadi sumber protein, zat besi, serta vitamin yang dibutuhkan tubuh.

"Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan otot. Daging juga kaya dengan zat besi, yang esensial dalam mencegah anemia,"ujar dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Faisal juga menambahkan bahwa daging mengandung zinc, yang penting bagi fungsi sistem kekebalan pada tubuh serta kesehatan kulit, dan vitamin B12 yang hanya terdapat pada sumber hewani penting untuk fungsi saraf juga kesehatan darah.

Baca Juga: Pastikan Hewan Kurban Sehat, DKPP Tasikmalaya Lakukan Sidak Penjual Sapi di Tasikmalaya

Untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan, konsumsi daging kambing atau sapi haruslah dilakukan dengan bijak, disesuaikan dengan porsi serta kondisi fisiologis masing-masing individu.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah