Makan sebelum Olahraga atau Sesudahnya? Mana yang Lebih Baik Menurut Fakta Ilmiah

- 29 Desember 2021, 17:07 WIB
Bagusan mana makan dlu atau olahraga terlebih dahulu?.
Bagusan mana makan dlu atau olahraga terlebih dahulu?. /freepik @alekandarlittle/

PRIANGANTIMURNEWS- Pertanyaan semacam ini seringkali muncul di benak kita, mana yang lebih bagus, antara makan sebelum olahraga atau sesudahnya?.

Ada yang menjawab jika sebelum dan sesudah berolahraga itu sama-sama baik hingga muncul perdebatan, padahal masih banyak yang memberikan jawaban sekedar asumsi.

Dilansir dari rd.com dikutip priangantimurnews.com bahwa perihal ini sudah diteliti oleh para ahli Universitas bath, Birmingham, Newcastle dan Stirling.

Baca Juga: Rumor Transfer: Real Madrid Memasukkan Eden Hazard dalam Tawaran untuk Bintang Chelsea

Dalam penelitiannya mereka menganalisa dari pengeluaran energi dari 12 pria sehat yang aktif secara fisik (berolahraga) usia antara 20-26 tahun.

Dalam penelitiannya, masing-masing pria menyelesaikan percobaan yang berbeda. Pertama, sarapan oat dan susu kemudian istirahat tanpa berolahraga, kedua, makan dan sarapan sebelum berolahraga (bersepeda) selama 60 menit), dan ketiga, berolahraga sepeda 60 menit tanpa sarapan sama sekali

Hasilnya menunjukkan bahwa ketika pria melewatkan makan/sarapan. Mereka mengalami kekurangan kalori yang lebih besar sepanjang hari. Jika dihitung 150 kalori. Artinya olahraga tanpa melakukan makan/sarapan itu lebih baik.

Baca Juga: Rumor Transfer: Bek Chelsea hampir Bergabung dengan Barcelona dan Telah Menyetujui Kesepakatan untuk Juni 2022

Hasil ini menjelaskan bahwa bagi pria yang sehat, defisit energi jangka pendek mungkin lebih mudah dicapai jika tanpa sarapan sebelum berolahraga.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: RD.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah