9 Jenis Makanan Yang Dapat Membantu Memperbaiki Fungsi Ginjal, Berikut ini Penjelasannya!

- 18 Mei 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi buah apel salah satu buah untuk memperbaiki kesehatan pada ginjal/Pixabay
Ilustrasi buah apel salah satu buah untuk memperbaiki kesehatan pada ginjal/Pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Kerusakan ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal yang memerlukan dialisis (proses medis yang digunakan untuk menggantikan fungsi ginjal dalam menyaring dan membersihkan darah dari limbah dan kelebihan cairan ketika ginjal tidak dapat melakukannya dengan cukup baik).

Untuk menjaga kesehatan ginjal alangkah bijak memperhatikan bermacam makanan yang seharusnya dikonsumsi ataupun tidak.

Jenis makanan yang dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal, organ vital yang bertanggung jawab untuk menyaring zat-zat berbahaya dalam tubuh. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang disarankan:

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Dapat Dikenali Secara Dini dari Wajah dan Mata, Caranya?Simak Penjelasannya!

1. Ikan Kaya Omega-3: Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung omega-3 yang membantu mengurangi kadar lemak dalam darah dan menurunkan tekanan darah, faktor risiko utama penyakit ginjal. Omega-3 juga bisa didapatkan dari biji chia, flaxseed, kacang kenari, dan kacang kedelai.

2. Ubi Jalar: Mengandung kalium yang membantu menyeimbangkan kadar sodium dalam tubuh, mencegah penumpukan sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, penderita penyakit ginjal kronis atau yang menjalani dialisis harus membatasi konsumsi ubi jalar karena tingginya kandungan kalium.

3. Bayam: Sayuran berdaun hijau ini tinggi vitamin A, C, K, B9, dan beta karoten yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan ginjal. Bayam bisa dimakan segar, dimasak, atau sebagai pengganti selada.

Baca Juga: Apa Obat Kolesterol, Ini Lima Daun yang Ampuh Turunkan Kolesterol

4. Apel: Buah ini kaya akan pektin, serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan gula darah tinggi, yang merupakan faktor risiko kerusakan ginjal. Apel bisa dikonsumsi dengan buah lain atau ditaburi kayu manis.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: YouTube Sehat Secara Alami


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah